Mengenang Kucing Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa

Indah Mutia Ayudita . October 20, 2020

Félicette. Foto: Facebook

Teknologi.id - 57 tahun yang lalu, tepatnya pada 18 Oktober 1963, seekor kucing bernama Félicette menjadi astronot kucing (catstronaut) pertama dan satu-satunya dari Perancis yang pernah terbang ke luar angkasa.

Pada tahun tersebut, Amerika Serikat dan Uni Soviet tengah mempersiapkan primata, anjing dan manusia ke luar angkasa. Perancis menjadi satu-satunya negara yang memilih meluncurkan seekor kucing.

Baca juga: Unik! Anjing Ini Bisa Ambil Selfie Sendiri

Félicette merupakan seekor kucing liar di Paris yang terpilih setelah kucing lain bernama Felix kabur pada hari peluncuran pesawat. Félicette menaiki Véronique AG1, roket dari Perancis dan terbang 130 mil (sekitar 209,215 km) di atas Bumi dan kembali dengan selamat.

Awal tahun 2020, Félicette mendapatkan sebuah memorial berbentuk patung perunggu dengan tinggi 1,5 meter yang disimpan di International Space University (ISU) di Strasbourg, Perancis.

Patung Félicette diletakkan bersisian dengan patung Yuri Gagarin, manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1.

Baca juga: Ini Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kalian Tahu

Memorial ini diprakarsai oleh Matthew Serge Guy, seorang direktur kreatif dan penggemar kucing luar angkasa. Guy memulai kampanye lewat Kickstarter dua tahun lalu dan berhasil mengumpulkan USD 57 ribu atau sekitar Rp 778 juta untuk proyek ini.

Félicette tidak dapat bertahan lama setelah berangkat ke luar angkasa. Ia meninggal sekitar dua bulan setelah peluncurannya, ketika pada ilmuwan mengeluarkan elektroda dari otaknya untuk melihat bagaimana penerbangan pesawat luar angkasa mempengaruhi otak kucing.

(im)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler