Ilmuwan Kembangkan Lensa Kontak yang Bisa Nge-zoom dengan Berkedip

lensa kontak zoom
Foto: Screenshot University of California San Diego (Wiley Online Library)

Teknologi.id – Para ilmuwan dari Universitas California, San Diego berhasil menciptakan lensa kontak yang bisa nge-zoom seperti kamera. Lensa ini bisa secara otomatis memperbesar visualisasi sesuai perintah penggunanya.

Dilansir dari laman Gizmodo, Selasa (30/7/2019), Lensa kontak ini bisa dikontrol dengan gerakan mata. Pengguna nantinya bisa memperbesar visualisasi objek atau benda hanya dengan mengedipkan mata dua kali.

Baca juga: Software Ini Bisa Perbaiki Foto ‘Gepeng’ Akibat Lensa Ultra-Wide di Ponsel

Lensa kontak ini terbuat dari bahan polimer yang elastis. Lensa ini nantinya akan merespon sinyal elektrik yang dihasilkan dari gerakan mata penggunanya. Sinyal ini dikenal sebagai electrooculographic.

Sinyal ini akan muncul ketika mata digerakkan. Bahkan dalam keadaan tidur, sinyal ini akan terus dihasilkan ketika mata bergerak.

“Bahkan saat anda tidak bisa melihat apapun, setiap orang masih dapat menggerakkan mata mereka dan menghasilkan sinyal electrooculographic ini.” ujar Shengqiang Cai, kepala penelitian tersebut.

Foto: Screenshot University of California San Diego (Wiley Online Library)

Para ilmuwan menciptakan lensa biometrik yang bisa merespons langsung terhadap impuls listrik. Lensa yang dibuat mampu mengubah panjang fokus, tergantung kepada sinyal yang dihasilkan.

Lensa kontak ini bisa mengadopsi sistem canggih karena terdapat listrik yang dihasilkan oleh gerakan tertentu. Keberadaannya bisa digunakan dalam prostesis visual.

Baca juga: Lensa Kontak Ini Membantu Pengobatan Penyakit Mata

Saat ini lensa kontak prototipe ini hanya bekerja dengan perlengkapan khusus saja. Penggunaannya pun masih membutuhkan banyak elektroda yang dipasang di sekitar mata penggunanya.

Namun, para ilmuwan tersebut berharap penemuan mereka ini bisa digunakan dalam kasus nyata, misalnya dimanfaatkan sebagai kacamata yang dapat disesuaikan atau digunakan untuk mengendalikan robot dari jarak jauh di masa depan.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending