iOS 13 Dikabarkan Bawa ‘Mode Gelap’ untuk iPhone

iPhone XI menjalankan iOS 13 dengan Mode Gelap mengaktifkan render konsep
Foto: phonearena

Teknologi.id – Sistem operasi terbaru untuk perangkat buatan Apple, yakni iOS 13 dikabarkan akan membawa fitur baru mode gelap atau ‘dark mode’.  

Mode gelap belakangan banyak diadopsi dan menjadi tren baru di kalangan para pengembang aplikasi. Pasalnya, mode gelap membuat pengguna lebih nyaman menatap layar dan diklaim bisa menghemat pemakaian baterai.

Sebelumnya beberapa vendor Android sudah lebih dulu menerapkan mode gelap pada tampilan OS di ponsel masing-masing. Tak lama lagi, Apple akan memberikan fitur serupa di iPhone dan iPad besutannya.

Baca juga: Hati-hati! Sukses Jangkiti Android, Kini Exodus Spyware Rambah iOS 

Berdasarkan laporan MacRumours, seorang sumber dalam yang tak ingin disebutkan identitasnya membenarkan kabar tersebut. Menurut sang sumber, mode gelap yang dibawa pada iPhone dan iPad akan serupa dengan yang dimiliki MacOS.

“Akan ada mode gelap untuk seluruh sistem yang dapat diaktifkan pada menu pengaturan, termasuk versi kontras tinggi, mirip dengan apa yang sudah tersedia di MacOS,” kata si sumber.

Saat ini belum diketahui dengan jelas seperti apa tampilan dan bagaimana mode gelap ini bakal bekerja pada iOS 13. Apple sendiri sampai saat ini masih enggan membeberkan rincian seperti apa wujud dan fitur iOS 13 nantinya.

Selain itu, berdasarkan laporan Macrumors, iOS 13 juga akan membawa serangkaian pembaruan lain.

Sistem operasi ini kabarnya menambah fitur gestur tambahan yang dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan ponsel. Kemudian iOS 13 juga dirancang untuk memaksimalkan multitasking pada perangkat iPhone dan iPad.

Baca juga: Fitur Android Q Ini Bisa Ubah Ponselmu Serasa iOS 

Mode gelap pada iOS sebenarnya sudah lama diwacanakan hadir pada iOS sebelumnya. Namun, kemudian tidak terbukti kebenarannya.

Menurut kabar sebelumnya, iOS 13 sayangnya hanya akan dapat digunakan pada iPhone dan iPad keluaran baru. iPhone lawas seperti iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus tidak akan kebagian sistem operasi ini.

iOS 13 pun tidak akan menyambangi iPad model lama seperti iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4, iPad Air dan iPad Air 2.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *