Tak Cuma Hongmeng, Huawei Siapkan OS Harmony untuk Saingi Android

OS Harmony
Foto: LetsGoDigital

Teknologi.id – Setelah sebelumnya mendaftarkan sistem operasi (OS) pengganti Android yang bernama “Hongmeng” (di China) dan “Ark” (di Eropa). Huawei kini dilaporkan kembali mendaftarkan OS lain yang dinamakan Harmony.

Beberapa waktu lalu, Huawei mengajukan aplikasi merek dagang ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO) dengan mendaftarkan Harmony sebagai OS kategori “Class 9”. Harmony disebutkan sebagai OS yang dibuat untuk perangkat mobile dan komputer yang bisa diunduh (downloadable).

OS Harmony

Huawei Harmony
Foto: LetsGoDigital

Dilansir dari laman GSMArena, Senin (15/7/2019), Pengajuan tersebut dilakukan Huawei sejak tanggal 12 Juli kemarin dan saat ini sedang dalam pemeriksaan oleh pihak EUIPO.

Kabar yang beredar menyebutkan jika OS ini akan masuk dalam keluarga Ark, di mana salah satunya adalah Hongmeng. OS tersebut dikatakan telah dikembangkan sejak 2015.

Baca juga: Microsoft Peringatkan Bahayanya Malware ‘Astaroth’, Seberapa Mengerikan?

Meski demikian, belum jelas apakah OS Harmony merupakan sistem operasi yang berbeda dengan OS Hongmeng atau mungkin hanya berbeda dalam penamaan saja untuk versi OS Hongmeng di luar China.

Sejauh ini Huawei belum memberikan komentar resmi terkait nama OS Harmony ini.

Seperti diketahui, Huawei sebelumnya telah mendaftarkan dua nama OS baru, yaitu OS Hongmeng dan OS Ark, sebagai antisipasi dari efek perang dagang antara AS-China yang membuat mereka tidak bisa memakai OS Android dari Google.

Baca juga: Huawei Bakal Luncurkan OS HongMeng 9 Agustus?

OS Hongmeng diklaim 60 persen lebih cepat dibandingkan OS Android dan dilaporkan telah diujicoba di kurang lebih 1 juta ponsel Huawei yang sebelumnya dikirim ke berbagai vendor rekanan Huawei.

Pihak Huawei pun telah mengonfirmasi bahwa OS Hongmeng akan tersedia pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending