Google Batasi Penayangan Iklan di Chrome dan YouTube

Teknologi.id . February 06, 2020

Iklan YouTube

Foto: Google via Search Engine Journal


Teknologi.id - Google kabarnya akan menetapkan kebijakan baru dengan membatasi iklan video di browser Chrome dan platform YouTube. 

Untuk penayangan iklan dalam video berdurasi 8 menit, semua iklan yang tayang di tengah video akan dihilangkan di browser Chrome, sedangkan YouTube akan menghilangkan iklannya di awal video.

Sementara untuk iklan dengan durasi 31 menit juga akan dihilangkan jika tidak disertai dengan kemampuan skip di 5 detik pertama.

Baca juga: Segera Hapus! 24 Aplikasi Berbahaya Ini Bawa Malware Jahat di Ponselmu

Selain itu, Chrome juga akan menghapus iklan yang ditempatkan di tengah video atau yang mengambil lebih dari 20% area video yang sedang ditonton.

Kebijakan tersebut akan mulai diterapkan di Chrome dan YouTube mulai Agustus 2020.

Kebijakan pembatasan tayangan iklan ini diambil setelah diadakan survei terhadap 45.000 orang di delapan negara berbeda.

Hasilnya menyebutkan bahwa iklan pre-roll yang tidak dapat dilewati selama 31 detik diawal video atau iklan yang bisa dilewati tapi berada di tengah video adalah versi iklan yang paling banyak dibenci orang-orang. Hal ini pun memicu banyak orang yang mengunduh atau memasang pemblokir iklan di browser mereka.

Baca juga: Daftar Smartphone Flagship Terkencang Januari 2020 Versi AnTuTu

Lumrah diketahui, iklan memang dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam menonton video, memperlambat situs web, meningkatkan penggunaan data, meningkatkan konsumsi baterai dan bahkan bisa juga mengirimkan malware berbahaya.

Dengan upayanya kali ini sepertinya Google ingin lebih melindungi kenyamanan pengguna Chrome dan YouTube dari gangguan tayangan iklan yang berlebihan.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya