Teknologi.id - Facebook resmi mengumumkan desain logo perusahaan terbarunya. Mengutip laman resminya, Facebook mengatakan logo baru tersebut dibuat untuk membedakan visual antara perusahaan dan aplikasi.
Logo baru ini tampak sederhana, di mana hanya bertuliskan "FACEBOOK" dan ditulis menggunakan huruf kapital. Logo menampilkan gambar bergerak atau GIF yang menunjukkan warna berbeda untuk mewakili merek tertentu, misalnya, warna biru untuk Facebook, hijau untuk WhatsApp, pink untuk Instagram, dan sebagainya.
Menurut Antonio Lucio, Chief Marketing Officer Facebook, pihaknya merancang logo baru lantaran ingin mempertegas posisi Facebook agar tidak dipandang sebagai perusahaan yang punya satu platform jejaring sosial saja.
"Kami memperbarui merek perusahaan kami agar menjadi lebih jelas tentang produk-produk yang berasal dari Facebook," ujar Lucio.
"Kami memperkenalkan logo baru perusahaan dan lebih membedakan perusahaan Facebook dari aplikasi Facebook, yang akan mempertahankan mereknya sendiri," imbuhnya.
Perubahan logo tersebut, menurut Lucio, dilakukan agar orang tahu perusahaan mana yang membuat produk dan layanan yang mereka gunakan, meliputi aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra.
Lebih lanjut, logo ini nantinya bakal bisa dilihat di setiap layanan yang dikembangkan Facebook, menggantikan keterangan "from Facebook" yang sudah disisipi di beragam aplikasi sejak Juni lalu.
Warna merek "Facebook" pun bakal berbeda tergantung di mana logo tersebut hadir.
Di aplikasi Instagram, misalnya, kata "Facebook" bakal dihiasi dengan warna yang menyerupai logo platform tersebut.
Ilustrasi penerapan logo Facebook. Foto: Facebook via Fast Company
Dilansir dari
Facebook Newsroom, Selasa (5/11/2019), penerapan logo baru ini bakal digelontorkan dalam beberapa minggu ke depan di dalam aplikasi besutan Facebook.
Di situs
Facebook Newsroom sendiri, logo baru ini terpantau sudah terpampang menghiasi header website.
(dwk)
Tinggalkan Komentar