Elevate, Mobil Berkaki Hyundai untuk Evakuasi Bencana

Fahad Mulyana . January 22, 2019
Elevate, Mobil Berkaki Hyundai untuk Evakuasi BencanaTeknologi.id - Roda merupakan salah satu penemuan buatan manusia yang mampu mengubah banyak hal sejarah. Sebagai contoh, transportasi ada dan dapat melaju dengan baik karena keberadaan roda. Namun roda memiliki keterbatasan, roda tidak dapat memanjat batuan dan dataran yang tidak rata. Hal ini membuat Hyundai berimajinasi jika roda sebenarnya dapat bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Konsep tersebut dituangkan dalam 'Project Elevate'.

Project Elevate

Elevate, adalah konsep mobil yang memiliki roda sekaligus kaki, sehingga mobil ini berkemampuan untuk meluncur, berjalan atau bahkan memanjat melalui medan yang sangat berbahaya. Tujuan utamanya sendiri adalah, menyelamatkan para korban bencana yang bertempat yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa. 72 jam pertama setelah bencana alam adalah masa yang paling kritis. Namun dengan keunggulan Elevate, membuatnya mampu untuk segera menjangkau lokasi yang tertimpa musibah. Seperti kebakaran hutan, gempa bumi, angin topan, atau banjir dan memberikan pertolongan langsung kepada mereka yang membutuhkan.

Baca juga: 10 Payung Berteknologi Canggih! Ada yang Tidak Perlu Dipegang

Ketika tsunami atau gempa bumi melanda, kendaraan penyelamat saat ini hanya dapat mengirimkan responden pertama ke tepi tumpukan puing. Selanjutnya, mereka harus menempuh sisa perjalanan dengan berjalan kaki. Elevate mampu menyusuri tempat kejadian dan memanjat tepat di atas puing-puing banjir atau beton yang hancur,” ungkap wakil dan kepala Hyundai.

Campuran Mobil Listrik dan Robot

Elevate merupakan kendaraan pertama berkaki fleksibel dengan kombinasi teknologi campuran yang ditemukan pada mobil listrik dan robot. Hasilnya, kendaraan ini dapat menghadapi medan yang bahkan tidak dapat dilalui oleh kendaraan off-road terhebat sekalipun. Elevate, Mobil Berkaki Hyundai untuk Evakuasi Bencana Elevate mampu memanjat tembok setinggi 1,5 meter, melangkahi selisih jarak yang sama, berjalan di atas berbagai medan dan mencapai lintasan selebar 4,57 meter. Hebatnya, semua itu dapat dilakukan sambil menjaga agar kondisi tubuh kendaraan dan posisi penumpangnya benar-benar sejajar. Selain itu, ada juga misi lain di luar situasi darurat yang dapat dilakukan Elevate. "Penyandang cacat di seluruh dunia yang tidak memiliki akses ke fasilitas yang mempermudah pengguna kursi roda untuk melalui bidang yang miring atau menanjak (ADA ramp) dapat memanggil Hyundai Elevate otonom yang dapat menghampiri pintu depan mereka, meratakan posisi secara otomatis dan memungkinkan kursi roda mereka untuk bergerak masuk. Kemungkinannya tidak terbatas," ujar Suh. Konsep ini menggunakan platform EV modular yang dapat memuat tubuh yang berbeda disesuaikan dengan situasi tertentu. Arsitektur kaki robot dilengkapi motor penggerak hub roda, teknologi aktuator listrik dan kebebasan lima derajat. Alhasil, kendaraan ini mampu bergerak menyerupai mamalia dan reptil yang memungkinkannya untuk bergerak ke segala arah dan menangani medan apa pun.

Baca juga: Orbital Display, Proyek Startup Asal Rusia untuk Pasang Iklan di Langit

Kaki ini juga dapat dilipat saat berkendara dalam mode normal, dimana aliran daya menuju persendian dihentikan dan sistem suspensi pasif terintegrasi mengambil alih untuk meningkatkan efisiensi baterai. Saat dalam mode berkendara, Elevate dapat mencapai kecepatan jalan raya yang sama seperti kendaraan lainnya.
Sumber: Acc.co.id (FM)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar