Cara Jitu Menghemat Baterai iPhone yang Menggunakan iOS 14

Annisa Fadillah . December 09, 2020

Foto: Blackxperience

Teknologi.id - Bagi para pengguna iPhone, pasti Anda sering mengeluh sudah update iOS 14, tapi baterai malah jadi boros. Bukannya jadi keren, Anda malah diribetkan dengan mencari colokkan untuk charge iPhone. Belum lagi jika Anda harus melakukan pekerjaan secara cepat lewat iPhone Anda.

Sebenarnya, ada loh tips and tricks untuk menghemat baterai iPhone yang sudah mendapatkan pembaruan iOS 14. Supaya tidak kebingungan lagi dengan iPhone yang hobi banget lowbat, simak cara selengkapnya berikut ini:

Baca Juga: Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

1. Atur Kecerahan Layar

Bukan rahasia lagi jika layar menggunakan banyak daya baterai. Layar yang cerah memang nyaman dilihat, tapi perlu diketahui bahwa kecerahan layar juga membutuhkan banyak daya. Sebaiknya, jaga kecerahan layar iPhone Anda agar tetap rendah. Anda mengaturnya dengan cara berikut ini: Pengaturan> Tampilan & Kecerahan, kemudian atur tingkat kecerahan dan matikan true tone.

2. Letakkan iPhone Menghadap ke Bawah

Mungkin ini terdengar aneh, tapi meletakkan iPhone dengan menghadap ke bawah mampu menghemat penggunaan daya. Terlebih, hal ini sangat berlaku apabila banyak notifikasi yang masuk. iPhone tidak akan menerima banyak cahaya dari sekitar saat layar menyala akibat notifikasi tersebut. Sensor pada iPhone akan mendeteksi bahwa perangkatnya tidak memerlukan cahaya lagi.  Selain itu, Anda juga bisa mematikan fitur Raise to Wake di pengaturan tampilan. Hal ini juga mampu menjaga layar tetap mati saat kamu benar-benar tidak menggunakan iPhone.

3. Hindari Sinyal Seluler yang Buruk

Penting untuk memastikan bahwa iPhone yang Anda gunakan selalu berada dalam jangkauan sinyal seluler yang baik. Kehilangan sinyal akan membuat iPhone berusaha mencari dan ini akan menguras daya baterai Anda secara besar-besaran. Di iOS 14 tampaknya sinyal yang buruk cukup banyak menguras daya baterai. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat beralih ke mode pesawat saat berada di lokasi dengan kualitas sinyal yang buruk, mengganti provider, atau melakukan pengisian daya selama berada di lokasi sinyal buruk.

4. Aktifkan Mode Daya Rendah

Jika memang sudah benar-benar kepepet, Anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di iPhone itu sendiri. Ya, benar dengan mengaktifkan mode daya rendah. Dengan mengaktifkan mode ini, perangkat Anda akan secara otomatis membuat pengaturan operasi untuk mengehmat baterai. Namun, perlu diketahui jika Anda mengaktifkan mode daya rendah ini, Anda tidak akan bisa mengakses sejumlah fitur di iPhone.

Baca Juga: Benarkah HP dengan Baterai Besar Sudah Pasti Tahan Lama?

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler