Bosque: Bahasa Pemrograman Open Source Baru dari Microsoft

Fahad Mulyana . April 24, 2019
Teknologi.id - Microsoft memperkenalkan bahasa pemrograman open source baru yang disebut Bosque. Bosque adalah bahasa pemrograman typed dan fungsional yang sintaksnya terinspirasi dari Javascript, Typescript dan bahasa pemrograman ML. Microsoft meluncurkan Bosque sebagai upaya untuk membuat bahasa pemrograman yang lebih sederhana, jelas, mudah dimengerti programmer maupun untuk mesin (komputer). "Bahasa pemrograman Bosque dirancang untuk membuat kode sederhana dan mudah dicerna manusia dan mesin," ujar pihak Microsoft di dalam blog resminya.

Baca juga: 5 Bahasa Pemrograman Baru Terbaik Yang Mudah Dipelajari

Menurut Microsoft tujuan di buatnya bahasa pemrograman ini adalah untuk meningkatkan produktifitas programmer, meningkatkan kualitas software, serta memberikan tool dan pengalaman baru bagi para programmer. Sampai sekarang, bahasa pemrograman baru dari Microsoft ini masih dalam tahap pengembangan. Pihak Microsoft tidak merekomendasikan para pengembang menggunakannya untuk diwujudkan menjadi sebuah produk. Tetapi, bahasanya terbuka untuk eksperimen.  Di dalamnya masih akan ditemui beberapa "bug" lantaran beberapa tool fungsional masih belum stabil, sebagaimana dihimpun dari halaman resmi bahasa pemrograman Bosque di Github, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: 3 Bahasa Pemrograman Ideal Terbaik Untuk Setiap Programmer

Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman open source, sehingga terbuka untuk para programmer lain di luar kalangan internal Microsoft. Oleh karena itu, pihak Microsoft mengajak sejumlah pihak yang berkecimpung di dunia bahasa pemrograman untuk ikut mengembangkan bahasa pemrograman Bosque. Kontribusi pemrograman untuk Bosque bisa dilakukan dengan mengunjungi repositori Github terkait di tautan berikut ini. (FM)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar