Benarkah Bitcoin is the New Gold?

Kyrie Canille . December 08, 2020

Foto: Bitcoin News

Melihat lonjakkan harga dan minat terhadap bitcoin, memunculkan banyak spekulasi bahwa bitcoin adalah aset yang menyaingi emas. Namun, benarkah begitu? Pada tahun 2018 Universitas Pretoria mengeluarkan hasil riset berjudul "Bitcoin the New Digital Gold? Evidence From Extreme Price Movements in Financial Markets". Di dalam riset tersebut, peneliti menguji banyak klaim dari media bahwa bitcoin adalah aset safe-haven.

Potensi Bitcoin

Para peneliti menginvestigasi mengenai potensi bitcoin selama periode yang tidak stabil. Akhirnya mereka menemukan dua hal, yaitu:

1. Mempertimbangkan posisi di pasar ekuitas, peneliti menemukan korelasi keuntungan ekstrim meningkat selama pasar saham ambruk dan menurun selama pasar saham mengalami kenaikan.

2. Peneliti setuju bahwa bitcoin adalah lindung nilai (hedge) dari masa-masa sulit seperti saat pandemi ini.

Kesimpulan dari kedua hal ini, dengan menggabungkan banyak pasar saham dan membandingkan dengan bitcoin memperlihatkan bahwa bitcoin bisa bertahan saat masa sulit. Kemudian bitcoin juga dapat memberikan keuntungan ketika ekonomi sedang terpuruk.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Kesamaan Bitcoin dengan Emas

Tom Fitzpatrick, analis senior dari Citibank menuliskan analisis teknikal berjudul Bitcoin: 21st Century of Gold. Di dalam tulisan tersebut Fitzpatrick menemukan banyak kesamaan antara bitcoin dengan emas. Ada beberapa poin yang akhirnya membuktikan bitcoin dan emas memiliki kesamaan:

  • Keduanya merupakan aset yang terbatas jumlahnya.
  • Bitcoin yang mulai masuk ke arah mainstream memiliki sejarah yang sama dengan emas. Di mana pada 1970 emas diizinkan untuk mengambang bebas di pasar uang. Hal ini membuat emas memiliki lonjakan harga yang tinggi.

Kesamaan ini yang menjadi banyak perbincangan bahwa bitcoin dapat menjadi emas di abad 21.

Bitcoin vs Emas

Meskipun memiliki kesamaan, emas dan bitcoin memiliki karakteristik yang berbeda.

Bitcoin Emas
Trading bitcoin dapat dilakukan di mana saja di belahan dunia dengan memanfaatkan akses internet 24/7. Pasar penjualan yang terbatas dan tergantung pada jam operasional.
ETF Emas & kontrak berjangka di Indonesia masih terbatas. Jadi, investor emas di Indonesia harus menerima harga dengan spread besar. Bitcoin di bursa crypto global dapat diakses dengan mudah oleh semua investor dari berbagai negara dan selalu aktif 24/7 di hari apa pun sepanjang tahun.
Emas sulit untuk dibagi yang membutuhkan metode tertentu dan biaya tinggi. Bitcoin dapat dibagi dengan mudah kapan saja tanpa biaya tambahan.


Benarkah Bitcoin is the New Gold?

Para peneliti melihat kedua aset tersebut dapat digunakan bersama untuk melindungi posisi ekuitas saat terjadi turbulensi di pasar uang.

Mulai investasi crypto kamu mulai dari Rp22,000. Download aplikasi Pintu dan beli aset crypto seperti bitcoin, ethereum dan lainnya. Download sekarang!

teknologi id bookmark icon
author

Kyrie Canille

PT Pintu Kemana Saja

Berita Terpopuler