Bahaya Peretasan Webcam: Begini Cara Mencegah dan Menghentikannya

Teknologi.id – Teknologi modern membawa ancaman baru terhadap privasi dan keamanan Anda, dan penting untuk mempelajari apa itu dan bagaimana mencegahnya. Peretasan webcam dan spionase sedang meningkat akhir-akhir ini. Merupakan pintu sempurna bagi peretas untuk masuk dan memata-matai Anda dan keluarga Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Yang diperlukan peretas untuk masuk ke webcam Anda dimulai dengan memasang RAT (Remote Access Trojan) di komputer Anda. Jenis perangkat lunak ini bisa saja dipasang ketika anda menservis komputer dan teknisi mengambil alih komputer Anda. Selain itu, ketika Anda mengunduh perangkat gratis apa pun, menginstal perangkat lunak (selain dari sumber tepercaya) atau mengeklik tautan di email, RAT ini dapat terpasang tanpa Anda menyadarinya. Setelah diinstal, peretas memiliki kontrol penuh atas seluruh komputer Anda dan apa pun yang terhubung ke jaringan Anda, termasuk webcam !

Tidak hanya itu, bahkan sekarang mereka dapat melihat penjelajahan daring Anda dan mendapatkan akses ke file pribadi Anda yang terpasang di komputer, informasi perbankan, dan bahkan kata sandi.

Bahayanya menginstal perangkat lunak yang tidak terpercaya ini berlaku untuk semua perangkat Anda termasuk ponsel, tablet, dan komputer.

Teknologi Apa yang Digunakan Hacker?

Apa pun yang Anda unduh dari Internet atau hanya satu klik saja dapat mencakup malware, seperti malware Blackshades yang terkenal jahat. Setelah masuk ke komputer Anda, peretas akan memiliki akses instan ke semuanya.

Peretas sangat berbakat, dan terkadang mereka akan mengirimkan email phishing yang terlihat seperti email resmi dari perusahaan yang sudah Anda kenal. Setelah Anda mengklik tautan itu, mereka terinstal di komputer Anda, dan Anda terinfeksi.

Apa Tanda-Tanda Peretasan Webcam?

Dulu webcam yang diretas diketahui dengan lampu hijau kecil yang menyala di webcam tanpa Anda nyalakan. Sekarang peretas telah menemukan cara untuk mematikannya sehingga mereka dapat meretas tanpa Anda menyadarinya.

Namun, ada tanda-tanda lain yang memungkinkan. Misalnya, terjadi perubahan aneh di komputer Anda yang tidak Anda lakukan. Jika Anda melihat program terbuka, dokumen berpindah dan file diubah atau diakses, itulah saatnya Anda tahu bahwa komputer telah diretas.

Bagaimana Mencegah dan Menghentikannya?

Pepatah “satu ons pencegahan bernilai satu pon obat,” tentu berlaku di sini. Mencegah peretasan jauh lebih mudah daripada memperbaiki masalah setelah itu terjadi. Jika Anda melakukan tindakan pengamanan yang tepat untuk melindungi komputer, ponsel, dan jaringan, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk menghindari peretasan.

Cara pertama dan paling simpel adalah dengan menutup webcam ketika tidak Anda gunakan. Ini mungkin tidak dapat dilakukan untuk beberapa perangkat.

Pastikan Anda memperbarui antivirus komputer dan software anti-malware. Amankan jaringan Anda dengan kata sandi yang kuat dan protokol keamanan paling canggih. Hanya sambungkan perangkat Anda ke jaringan yang aman, jangan pernah masuk ke jaringan yang terbuka dan tidak aman. Tetap perbarui sistem operasi, software, dan semua plugin / aplikasi Anda.

Jangan pernah menginstal perangkat lunak apa pun, freeware atau klik tautan yang tidak Anda ketahui dari mana mereka berasal.

Pada perangkat seluler, simpan kata sandi yang kuat dan gunakan antivirus yang selalu diperbarui.

(DWK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *