Asus ZenBook S13, Laptop Berponi Terbalik Hadir di CES 2019

Asus ZenBook S13 Laptop Berponi
Asus ZenBook S13. Kredit: The Indian Wire

Teknologi.id – Ternyata tren smartphone berponi (notched) kini mulai merambah ke pasar laptop. Menjelang pembukaan pameran CES 2019 pekan ini, pabrikan asal Taiwan, Asus, memamerkan laptop berponi bernama Asus ZenBook S13.

Laiknya ponsel kekinian, layar ZenBook S13 memiliki “poni” di bagian atas untuk menyimpan webcam. Bedanya, poni milik ZenBook S13 terbalik dibandingkan ponsel. Bukan menjorok ke arah dalam layar, melainkan ke luar sehingga tampak menonjol di atas laptop.

Berbeda dari laptop lainnya, perangkat besutan Asus tersebut memiliki poni di atas layar panelnya sebagai rumahan fitur webcam.

Selain untuk wadah modul kamera, Asus mengklaim kehadiran poni yang menjorok ke arah luar ini dapat dimanfaatkan untuk membuka layar laptop tanpa harus repot memegangi sisi bawahnya.

Baca juga: CEO ASUS Jerry Shen Mengundurkan Diri Awal Tahun Depan

Seperti diberitakan KompasTekno, berkat poni tersebut, ZenBook S13 diklaim sebagai laptop dengan bingkai layar alias bezel tertipis di dunia. Area display pun bisa dibuat sangat lebar, nyaris menutupi seluruh bagian depan layar.

Bezel Asus ZenBook S13 hanya setebal 2,5 mm, setara dengan screen-to-body ratio sebesar 97 persen, atau bisa dibilang hampir bezel-less. Bodinya juga ramping, dengan ketebalan hanya 12.9 mm.

Untuk dapur pacunya, laptop cangkang berbahan logam aluminum ini didukung oleh CPU Intel generasi kedelapan dengan pilihan CPU Core i5 atau i7.

Prosesor tersebut dipadankan dengan kapasitas RAM hingga 16 GB serta media penyimpanan SSD hingga 1 TB. Tersemat pula chip grafis Nvidia GeForce MX150 dan dilengkapi baterai yang diklaim sanggup bertahan hingga 15 jam.

Sementara di bagian konektivitas, Asus ZenBook S13 memiliki sejumlah konektor seperti sebuah port USB 3.1, dua USB-C, earphone jack 3.5mm, slot microSD.

Asus ZenBook S13 rencananya akan mulai dijual dalam beberapa bulan ke depan, namun jadwal pasti maupun harganya masih belum diumumkan.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *