Antivirus Vs Anti-Malware, Apa Pilihan Terbaik Untuk Anda?

Antivirus
Foto: Medium

Teknologi.id – Keamanan data komputer untuk saat ini bisa dikatakan kebutuhan paling mendasar. Seiring seringnya komputer digunakan untuk berselancar di internet, maka rentan data penting Anda diserang virus atau malware. Karena dibalik itu semua, terdapat sejumlah penyusup secara online untuk mencari kelemahan komputer yang digunakan.

Malware merupakan singkatan dari malicious dan software adalah software yang khusus diciptakan untuk merusak sistem komputer. Sebutan lebih familiar malware sering disebut juga dengan virus. Dengan begitu anti-malware bisa juga disebut dengan antivirus.

Demi menjaga keamanan komputer ketika digunakan terutama ketika berinternet, maka disarankan komputer untuk dipasang anti-malware atau antivirus. Dengan begitu, ketika ada malware berhasil masuk ke komputer, anti-malware atau antivirus akan bekerja untuk menghapusnya secara permanen. Saat ini, banyak sekali jenis antivirus atau anti-malware yang tersedia di pasar.

Apa Perbedaan Antara Antivirus dan Anti-Malware?

Mungkin perbedaan antara antivirus dan anti-malware tidak begitu signifikan, keduanya memiliki arti yang sama. Baik antivirus atau anti-malware sama-sama perangkat lunak yang diciptakan untuk mendeteksi, melindungi, serta menghapus virus atau malware berbahaya di komputer. Mungkin sebutan antivirus bisa dikatakan agak kuno dan untuk anti-malware sudah menggunakan nama yang lebih modern. Fungsi anti-malware hampir sama bahkan bisa dikatakan tidak ada bedanya dengan antivirus yaitu untuk membasmi perangkat lunak berbahaya di komputer.

Dengan demikian jika ada pertanyaan antara antivirus dan anti-malware manakah yang terbaik? Mungkin Anda sendiri bisa menentukan jawaban tepatnya.

Manakah Anti-Malware Terbaik Untuk Melindungi Komputer?

Mengingat keamanan komputer sangat penting untuk melindungi data-data penting Anda, maka dalam memilih anti-malware jangan sampai asal-asalan. Pilihlah anti-malware yang tepat sehingga Anda bisa tenang dalam mengoperasikan komputer terutama ketika berselancar di internet.

Terkadang komputer sudah dipasang antivirus atau anti-malware, namun antivirus tersebut tidak mampu mendeteksi virus berbahaya. Jadi percuma saja komputer dipasang antivirus.

Untuk anti-malware, saya lebih merekomendasikan anti-malware dari Malwarebytes. anti-malware Malwarebytes telah bertahun-tahun dalam memberikan perlindungan multilapis secara real-time untuk pemindaian virus. Tampilan yang sederhana namun fiturnya sangat lengkap dan kuat untuk menjadi security komputer Anda. Ulasan tentang Malwarebytes dari pengguna dan pakar ada di sini.

Hasil gambar untuk malwarebytes 3.0
Foto: FileForum – BetaNews

Banyak sekali jenis virus atau malware saat ini yang bisa merusak sistem keamanan komputer Anda. Namun, Malwarebytes mampu menghentikan beberapa ancaman dari malware-malware, seperti : Adware, Spyware, Virus, Worm, Ransomware, Trojan, Rootkit, Keylogger, dan sebagainya.

Perlindungan real-time dari Malwarebytes bisa dikonfigurasi untuk setiap aplikasi tertentu yang Anda butuhkan. Artinya Anda bisa melakukan konfigurasi khusus agar Malwarebytes tidak harus melakukan perlindungan untuk semua aplikasi di komputer. Dengan fitur “kelola aplikasi terlindungi” maka Anda bisa mengatur program mana yang akan dipantau Malwarebytes secara real-time.

Baca juga: Waspada Virus Joker Serang Ponsel Android, Segera Hapus 24 Aplikasi Ini

Selain itu jika sebuah program tertentu tidak berhasil ditangkap Malwarebytes maka Anda bisa melakukan konfigurasi secara manual untuk ditambahkan kedalam deretan aplikasi terlindungi. Malwarebytes akan memberikan kontrol penuh atas apa yang Anda butuhkan untuk melakukan perlindungan komputer dari serangan malware secara tiba-tiba.

Ketika Anda melakukan pemindaian menggunakan Malwarebytes, perangkat lunak ini akan berjalan sangat cepat. Ketika pemindaian Malwarebytes selesai, software ini akan menujukkan laporan terperinci tentang informasi yang Anda perlukan.

Secara umum perangkat lunak kaya fitur akan menampilkan navigasi yang ruwet untuk dioperasikan. Namun berbanding terbalik dengan Malwarebytes, software ini memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk digunakan. Antarmuka yang baik serta dasbor yang memperlihatkan tampilan mudah untuk dipahami, Tanda lingkaran centang hijau merupakan informasi bahwa sistem komputer sedang dalam keadaan baik.

Baca juga: Kaspersky Anti-Cheat, Solusi Atasi Kecurangan di Turnamen Esports

Satu hal yang bisa dikatakan penting, Malwarebytes menyediakan dukungan memuaskan baik untuk pengguna pribadi ataupun bisnis. Setiap keluhan pengguna akan dilayani secara baik. Malwarebytes juga menyediakan konten video yang mudah Anda pahami untuk menjadikan Malwarebytes sebagai perlindungan malware komputer secara sempurna.

Meskipun Malwarebytes bisa Anda dapatkan secara gratis, namun sangat disarankan agar perlindungan di komputer lebih maksimal sebaiknya Anda memutukan untuk menggunakan Malwarebytes Premium. Anda bisa mendapatkan Malwarebytes Premium secara online. Malwarebytes juga menawarkan jaminan uang kembali hingga 60 hari. Dengan begitu Anda bisa menguji dulu kehandalan Malwarebytes selama masa jaminan tersebut.

Tips Agar Terhindar Dari Serangan Malware

Untuk jaga-jaga agar komputer terhindar dari serangan malware, lakukan hal-hal berikut :

1. Selalu Update Operasi Sistem

Kelihatannya seperti sepele, namun dengan menggunakan OS versi terbaru Anda bisa terhindar dari serangan malware. Menggunakan OS terbaru itu artinya Anda telah menggunakan OS yang sudah dilakukan perbaikan dari versi-versi sebelumnya.

2. Scan Komputer Secara Berkala

Meskipun software anti-malware memiliki kemampuan untuk melakukan scan otomatis secara berkala, namun tidak ada salahnya untuk melakukan scan manual secara berkala.

3. Selalu Backup File Penting

Untuk menghindari kejadian hilang data penting, maka disarankan Anda untuk melakukan backup file penting secara berkala. Backup seluruh data penting Anda kedalam flashdisk atau hardisk eksternal. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan data penting Anda. Meskipun ada cara khusus untuk mengembalikan data hilang, tapi tentunya lebih tenang lagi jika data penting Anda sudah tersimpan di media eksternal.

Ok mungkin artikel ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi pembaca setia blog ini. Terima kasih dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending