Amazon Go, Mini Market Masa Depan

Image result for amazon go

Upaya Amazon mengubah wajah industri ritel mulai nampak. Amazon pada awal tahun ini telah mulai membuka toko pertama di Seattle, Amerika Serikat (AS), yang beroperasi dengan mesin kecerdasan buatan (AI) serta tanpa kasir. Amazon Go mengandalkan ratusan sensor, kamera, dan machine learning yang tersebar di seluruh penjuru toko.

Sebelum berbelanja di Amazon Go, pembeli hanya perlu mengunduh aplikasi di ponsel masing-masing. Aplikasi tersebut juga terhubung dengan kartu kredit pengguna sehingga setiap barang yang akan dibeli ditagih langsung ke akun aplikasi mereka. Sehingga pembeli hanya perlu mengambil benda yang diinginkan, dan tidak perlu mengantre ataupun membayar secara langsung ke kasir.

Mesin Amazon akan tahu ketika suatu barang diambil dari raknya, dan mengidentifikasikannya sebagai barang yang akan dibeli. Sebaliknya, ketika barang tersebut dikembalikan ke rak, mesin bakal menyadarinya sebagai barang yang tak jadi dibeli. Semua proses terjadi begitu saja tanpa perlu intervensi manusia.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *