Akses Netflix Pakai Telkom Lemot? Ternyata Ini Alasannya

Teknologi.id . January 15, 2021
Foto: The Independent


Teknologi.id - Di beberapa media sosial, banyak netizen yang melontarkan protes dan mengeluhkan lemotnya jaringan Telkom miliknya saat digunakan untuk mengakses platform streaming film, Netflix.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pun akhirnya mengungkap penyebab lambatnya akses Netflix dengan menggunakan jaringan Telkom.

Usut punya usut, rupanya penyebab utama lambatnya akses tersebut dikarenakan Netflix tidak memiliki server di dalam negeri. Sehingga, bandwidth international akan digunakan saat pengguna melakukan akses ke Netflix. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Consumer Service Telkom Venusiana.

Baca juga: Netflix Ungkap Kecepatan ISP di RI, Kamu Pakai yang Mana?

“Untuk melayani pelanggan dengan kualitas baik, server harus sedekat mungkin dengan pelanggan,” ujarnya melalui konferensi virtual di Jakarta, Kamis 21 Januari 2021.

Venusiana kemudian membandingkan Netflix dengan penyedia layanan streaming serupa yang membangun server di Indonesia seperti YouTube, Google, Facebook, dan Disney. Dengan begitu, pengguna Telkom dalam hal ini Indihome dan Telkomsel, tidak akan menggunakan bandwidth international ketika mengakses layanan tersebut.

“Itu makanya yang membuat kualitas semuanya bagus. Karena tidak membebani bandwidth ke internasional,” jelasnya.

Venusiana menambahkan, selain tidak adanya server, pengalaman menonton dengan tampilan high definition (HD) dalam layanan Netflix juga bakal memperboros bandwidth.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Hal itu dikarenakan Netflix mesti bersaing dengan berbagai akses layanan lain yang servernya berada di luar negeri.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot, Auto Ngebut!

Venusiana berharap dalam waktu dekat, Netflix dapat melakukan sambungan langsung ke Telkom atau dengan membangun server di Indonesia, mengingat saat ini pengguna layanan Netflix yang juga menggunakan akses Telkom begitu banyak.

Perlu diketahui, umumnya terdapat beberapa hal dasar yang mempengaruhi kecepatan dalam mengakses OTT. Pertama dengan menggunakan bandwidth international untuk layanan dengan server di luar negeri.

Kedua, akses layanan bisa dilakukan melalui jalur langsung dari provider ke server OTT sesuai dengan perjanjian. Yang terakhir dengan ketersediaan server di negera penyedia provider tersebut.

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler