2018, Fitur GPS Smartphone Akan Lebih Akurat

Foto: searchenginejournal.com

Perusahaan Broadcom mengembangkan sebuah solusi baru untuk mengatasi masalah kurang akurat pada GPS. Perusahaan tersebut baru saja mengumumkan chip GPS berakurasi tinggi.

Broadcom mengungkap chip anyar ini mampu mendukung sinyal navigasi global yang memiliki kemampuan lebih akurat. Sebagai perbandingan, perangkat dengan teknologi saat ini memilik akurasi dengan margin error hingga lima meter di suatu titik. Namun dengan chip ini, lokasi sebuah perangkat dapat dibaca dengan tepat dalam jangkauan 30 cm. Pernyataanya pada saat di konferensi Institute of Navigation GNSS+.

Cara kerjanya, chip bernama BCM47755 ini bekerja pada dua sinyal sekaligus. Sebagai informasi, sistem navigasi satelit global saat ini menggunakan sinyal bernama L1 untuk berkomunikasi soal lokasi satelit, waktu, dan pola penanda.

Chip ini juga mengambil keuntungan dari sinyal yang lebih canggih, yakni L5 untuk membaca lokasi lebih akurat. Sinyal L5 sebenarnya sudah digunakan saat ini, tapi lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan industri.

Selain itu, chip ini disebut tak terpengaruh interfensi dari bangunan tinggi dan mengonsumsi daya 50 persen lebih rendah dari chip saat ini. Namun masalahnya, belum ada smartphone yang mampu mendukung teknologi anyar ini. Sebab, manufaktur smartphone harus fokus pada proses pengembangan daya lebih efisien, arsitektur radio baru, dan sensor hub untuk penyimpanan daya.

Sumber: Dirangkum dari liputan6.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *