Tips Technical SEO yang Wajib Anda Ketahui

Muhammad Mufid Luthfi . June 08, 2022

Technical SEO merupakan salah satu elemen penting dari keseluruhan strategi SEO untuk menunjang digital marketing bisnis Anda. Walaupun kadang dianggap remeh, tapi teknik ini ternyata berperan besar dalam menentukan peringkat website di hasil pencarian.

Aspek technical SEO berfokus pada hal-hal yang berhubungan dengan kinerja dan tampilan website. Hal ini tentunya berbeda dengan on-page SEO yang memfokuskan strategi pada keyword dan konten. Lalu, apa sebenarnya technical SEO dan apa saja strategi yang harus kita perhatikan dalam penerapannya?

Mengenal Technical SEO

Technical SEO adalah salah satu elemen SEO yang berfokus pada optimalisasi aspek-aspek teknis dari sebuah website. Misalnya, crawling, indexing, rendering, dan arsitektur website. Walaupun konten dari website tersebut bagus, tapi kalau aspek teknisnya tidak teroptimalisasi maka akan membuat peringkat di Google menurun. 

Strategi technical SEO tidak berkaitan langsung dengan keyword dan konten, tapi lebih kepada elemen-elemen teknis di balik situs. Situs yang disukai Google adalah yang mudah dibaca dan loadingnya cepat, selain itu artikel-artikelnya harus terindeks dengan baik. 

Karena itulah, kebanyakan penerapan technical SEO memperhatikan kecepatan website juga. Aspek lain yang juga diperhatikan dalam technical SEO adalah XML sitemap, SSL dan HTTPS untuk keamanan website, serta Hreflang. 

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Technical SEO?

Setelah memahami apa itu technical SEO, Anda mungkin penasaran dengan penerapannya. Berikut adalah beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dalam mengoptimasi hal-hal teknis dalam website 

1. Kecepatan Website

Semakin cepat loading website, maka akan semakin baik. Website yang bagus tidak hanya dilihat dari desainnya saja, tapi juga performanya. Menurut Search Engine Journal, website yang baik umumnya dapat dibuka kurang dari dua detik saja. 

Tidak hanya karena disukai Google, kecepatan website juga mempengaruhi minat pengunjung dalam mengakses website kita. Website yang memiliki performa baik dan bisa loading dengan cepat tentu membuat pengunjung lebih betah. 

Bayangkan Anda mengunjungi sebuah website yang memiliki loading sangat lama sehingga harus menunggu? Sebagian orang mungkin akan menutup tabs dan berpindah ke website lain dalam waktu singkat. 

2. Dead Link

Dead link biasanya mengarah ke sebuah halaman yang sudah tidak ada. Mungkin halaman tersebut terhapus atau dipindahkan ke website lainnya. Setiap situs pasti memiliki dead link, karena itu kita harus rajin mengeceknya agar jumlahnya tak terus bertambah. 

Website yang memiliki banyak dead link kurang disukai Google dan akan dianggap buruk oleh mesin pencari tersebut. Hal ini karena website akan tampak tidak terawat dan kurang update. 

3. Keamanan Website

Keamanan website adalah aspek penting dalam technical SEO. Tidak hanya untuk optimasi hasil pencarian saja, keamanan website yang baik membuktikan bahwa situs Anda mampu menjaga data perusahaan dan privasi pengguna yang ada di dalamnya. 

Untuk menjaga keamanan website, Anda dapat memastikan beberapa hal terpasang dengan baik. Contohnya adalah SSL dan HTTPS, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan plugin keamanan yang disediakan CMS seperti Jetpack pada WordPress. 

4. Indexing dan Crawling 

Crawling dan indexing merupakan aspek terpenting dalam technical SEO. Jika Google tidak bisa menjalankan dua hal ini pada halaman website Anda, maka konten yang sudah dibuat tidak akan muncul di halaman pencarian. 

Sebelum mengoptimasi konten, tentunya kita harus memastikan konten tersebut bisa muncul di SERP, bukan? Untuk membuat website bisa terbaca crawling dan indexing dari Google, aturlah Sitemap XML dengan baik. 

Penutup

Jadi, SEO tak melulu soal kata kunci. Lebih dari itu, kamu juga harus memerhatikan teknik yang satu ini. Demikianlah penjelasan seputar technical SEO yang wajib Anda ketahui. SEO tidak selalu tentang keyword dan konten saja lho, hal-hal teknis seperti ini juga sangat penting untuk diperhatikan. 

Selain SEO yang baik, untuk website Anda tentunya juga butuh layanan hosting yang handal dan bisa menampung data-data yang banyak. Tidak perlu bingung mencari karena sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan Bare Metal dari IDCloudHost untuk mendukung bisnis Anda go digital!

author0
teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Tinggalkan Komentar

0 Komentar