Teknologi RFID : Pengertian dan Manfaatnya

Sagara Technology . December 20, 2021

Picture : Freepik.com


Seiring berjalannya waktu, berbagai perkembangan teknologi yang memudahkan kehidupan manusia mulai diciptakan. Salah satu teknologi yang dikembangkan yaitu teknologi untuk membaca dan mengidentifikasi sebuah data baik itu berbentuk produk, barang, maupun ID seseorang. Kini, penggunaan barcode untuk mengidentifikasi sebuah data pada barang mulai tergantikan dengan adanya Teknologi RFID. 

Apa itu RFID


Radio Frequency Identification atau biasa disingkat dengan RFID. Teknologi RFID merupakan teknologi untuk pertukaran data antara terminal dan objek dengan memanfaatkan gelombang radio. Selain itu, RFID dapat digunakan sebagai pendukung teknologi utama untuk IoT


Cara kerja RFID adalah dengan memanfaatkan frekuensi radio yang dapat terbaca melalui sebuah komponen kecil yang disebut tag atau transponder. Tag RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca dari jarak hingga beberapa meter. Berbeda dengan barcode, sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti pada barcode.Biasanya, tag RFID dipasang ke suatu objek. Setiap tag pembawa dapat berisi informasi unik termasuk nomor seri, model, warna, lokasi pembuatan, dan detail item lainnya. Ketika tag ini melewati bidang yang dihasilkan oleh reader RFID yang kompatibel, tag dapat mengirimkan informasi yang terkandung dalam tag ke pembaca RFID untuk melakukan proses identifikasi objek.

Komponen RFID


Pada teknologi RFID, terdapat dua komponen utama pada RFID yaitu :


Tag: Tag RFID adalah perangkat yang terdiri dari sirkuit elektronik dan antena yang terintegrasi. Perangkat elektronik  tag RFID biasanya memiliki memori penyimpanan sehingga tag dapat menyimpan data. Ada tiga jenis tag RFID: tag RFID aktif, tag RFID pasif, dan tag RFID semi-pasif. 


RFID Reader : Pembaca RFID adalah penghubung antara perangkat lunak aplikasi dan antena yang akan memancarkan gelombang radio ke tag RFID. Gelombang radio yang dipancarkan oleh antena merambat di ruang sekitarnya. Dengan demikian, data dapat ditransmisikan secara nirkabel ke tag RFID yang terletak di sebelah antena.

Manfaat RFID


  • Memudahkan melacak aset dan mengelola inventori

Melacak aset dan material merupakan tantangan bagi sebagian besar perusahaan apakah itu komponen pada jalur produksi, produk jadi yang dikirim, kontainer industri yang perlu dikembalikan, atau peralatan, laptop, dan peralatan bernilai tinggi lainnya yang sering hilang. Teknologi RFID menawarkan cara yang cepat dan andal untuk melacaknya tanpa harus menghitung setiap item satu per satu.


Dengan aplikasi RFID, dapat melihat berapa banyak item yang dimiliki berdasarkan jenis, lokasinya atau pada tahap apa mereka dalam proses. Selain itu RFID dapat melacak barang sejak diterima di toko, dikeluarkan untuk diproduksi, dan digunakan dalam barang jadi. Hal ini memudahkan untuk mengelola inventaris, melakukan pemeriksaan dan audit stok. RFID juga dapat membantu menemukan barang yang ada di sebuah lokasi tetapi salah tempat.


  • Kontrol produksi yang lebih baik

Karena RFID dapat mengidentifikasi item atau komponen individual, hal ini sangat memungkinkan memudahkan proses manufaktur yang kompleks. Misalnya, untuk memastikan bahwa sebuah komponen tertentu berakhir pada jalur produksi yang tepat. Hal Ini membantu mengurangi pemborosan dan meningkatkan efisiensi.


  • Menghemat waktu dan uang melalui otomatisasi

Aplikasi RFID dapat secara otomatis melacak pergerakan atau barang dan mengunggah informasi ke ERP atau sistem manajemen keuangan. Oleh karena itu, teknologi ini dapat menghilangkan kebutuhan akan pengisian formulir manual dan mengganti spreadsheet yang sudah lama. 


  • Proses yang lebih singkat

Teknologi RFID dapat diintegrasikan dengan teknologi manufaktur atau rantai pasokan lainnya seperti penggunaan mesin otomatis dan sistem pengambilan stok untuk mengurangi waktu dari pemesanan hingga pengiriman dan pengiriman.


Meta Title: Teknologi RFID : Pengertian dan Manfaatnya

Meta Desc:Teknologi RFID merupakan teknologi untuk pertukaran data antara terminal dan objek dengan memanfaatkan gelombang radio yang kini dapat menggantikan fungsi barcode. 


Focus KW: Teknologi RFID



External Link :

https://sagaratechnology.com/blog/technology-trends-2022/

https://sagaratechnology.com/blog/the-basic-of-internet-of-things-2/

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar