Selain Canva, Ini 3 Website Desain yang Wajib Kamu Ketahui

Stefanie Tanaki . January 21, 2021

Foto: Freepik

Teknologi.id - Canva merupakan website desain yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Hal ini disebabkan oleh kemudahan saat menggunakan Canva. Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan desain grafis profesional saat menggunakan Canva karena tools dan templatenya yang mudah untuk digunakan.

Selain itu, untuk bisa mendesain sesuatu di Canva, pengguna tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja bila pengguna upgrade ke Canva premium, mereka akan mendapatkan akses untuk seluruh template dan ilustrasi dalam Canva.

Namun, tahukah kamu bahwa selain Canva, masih ada website desain lain yang tidak kalah bagusnya? Nah, berikut 3 website desain selain Canva yang wajib kamu ketahui.

3 Website Desain yang Wajib Kamu Ketahui

1. Freepik Editor

Foto: Freepik Editor

Freepik Editor merupakan website desain yang menyediakan banyak template desain seperti business cards, instagram posts, instagram stories, flyer, logo dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat custom template jika ingin membuat desain dari awal. 

Dari segi kategori template Canva lebih unggul karena lebih banyak pilihan. Namun, bila kamu hanya ingin mendesain konten media sosial, kamu bisa juga menggunakan Freepik Editor. Kategori untuk desain media sosial pada Freepik Editor cukup lengkap dan templatenya masih belum banyak digunakan seperti Canva. Lebih menarik lagi, semua ilustrasi dan template di Freepik Editor gratis untuk digunakan.

Walaupun gratis dan instan, hasil desain dari Freepik Editor cukup HD, lho. Untuk menyimpan hasil desain agar kemudian bisa di edit lagi, jangan lupa untuk login atau sign up terlebih dahulu. Namun, sayangnya Freepik Editor saat ini masih tersedia dalam versi Beta. Sehingga, masih banyak bug dan error saat digunakan.

Baca juga: Diakuisisi Induk Line, Wattpad Resmi Jadi Saudara Webtoon

2. DesignBold

Foto: DesignBold

Sama dengan Freepik Editor dan Canva, DesignBold merupakan website desain yang dapat digunakan secara gratis. DesignBold mengklaim dapat membuat pengguna merasa lebih mudah dan menyenangkan dalam mendesain. Selain itu, hasil yang didapat juga berkualitas walaupun pengguna tidak memiliki keahlian desain grafis.

Untuk pilihan kategori template, dapat dikatakan bahwa DesignBold memiliki kategori yang lebih banyak daripada Freepik Editor. Dapat dikatakan pula bahwa kategori template dalam DesignBold hampir sama dengan Canva. Namun, yang jelas pilihan template di website ini juga belum terlalu banyak digunakan seperti Canva


Tampilan laman untuk mendesain di DesignBold juga sangat mirip dengan Canva. Walaupun, mayoritas template dan ilustrasi dalam website ini dapat digunakan secara gratis, namun ada juga yang harus membayar seperti pilihan foto pada opsi DB Premium. Ada dua pilihan untuk mengunduh hasil desain kamu, yaitu langsung ke perangkat atau ke Google Drive. 

3. Piktochart

Foto: Piktochart

Setipe dengan website-website yang telah dijelaskan sebelumnya, Piktochart merupakan website desain yang dapat digunakan secara gratis. Namun, berbeda dengan Canva, Freepik Editor, DesignBold, Piktochart lebih berfokus kepada pembuatan desain dalam bentuk infografik.

Piktochart mengklaim dapat dengan cepat mengubah data apapun menjadi sebuah laporan, presentasi, infografik, grafik media sosial yang menakjubkan. 

Berbeda dengan website lainnya, Piktochart memiliki dashboard yang berisi kategori template yang tersedia dalam Piktochart. Selain itu, kamu juga dapat membuat folder untuk menyimpan hasil desainmu di dashboard.

Pada tampilan laman untuk mendesain, tersedia beberapa fitur yang dapat digunakan. Meskipun kebanyakkan fiturnya sama dengan website lain, ada satu fitur yang berbeda yaitu "Design Components". Fitur ini dapat mempermudah kamu dalam menentukan komponen desain pada infografik yang akan kamu gunakan. Untuk menyimpan dan mengunduh hasil desainmu, kamu harus login atau sign up terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Perusahaan yang Berkembang Pesat di Indonesia

Nah, itu dia 3 website yang bisa kamu gunakan untuk mendesain secara gratis. Penasaran untuk coba? 

(st)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler