Ponsel-ponsel Paling Ikonik yang Pernah Ada

Super Intern . November 05, 2020
Sumber: Uswitch


Teknologi.id - Ponsel saat ini menjadi alat yang begitu penting bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita bisa melakukan banyak hal, seperti untuk berkomunikasi dengan orang lain, untuk hiburan seperti menonton video atau mendengarkan lagu, dan bisa juga untuk mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor.

Tentu saja ponsel bisa menjadi seperti yang kita ketahui saat ini karena telah melewati berbagai macam proses dan upgrade. Setiap perusahaan mencoba membuat inovasi baru agar tidak ditinggalkan para pelanggannya.

Dan dari berbagai macam ponsel yang pernah diciptakan, ada beberapa yang akan selalu terbenam di dalam memori masyarakat. Berikut ini daftar ponsel-ponsel paling ikonik yang pernah diciptakan.

Baca juga : LifeAfter Season 3 Update, Dapatkan Item Code Eksklusif!

1. Motorola DynaTAC

Sumber: Britannica


DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) adalah serangkaian telepon seluler yang diproduksi oleh Motorola, Inc. dari tahun 1983 hingga 1994. DynaTAC merupakan ponsel pertama yang pernah dibuat. Pengisian daya penuh membutuhkan waktu sekitar 10 jam, dan hanya bisa berbicara selama selama 30 menit.

Ponsel ini juga menawarkan tampilan LED untuk memanggil atau memanggil kembali salah satu dari 30 nomor telepon. Harganya sebesar $ 3.995 Amerika pada tahun 1984, itu setara dengan $ 9.831 Amerika pada tahun 2019.

Dengan ukuran dan beratnya yang hampir mirip dengan batu bata, DynaTac 8000X dijuluki sebagai “Brick Phone” atau “Telepon Bata” oleh penggunanya.

2. Motorola StarTAC

Sumber: PHONEmore


Motorola StarTAC, pertama kali dirilis pada tanggal 3 Januari 1996, merupakan ponsel clamshell (flip) pertama. Pada tahun 2005, PC World menobatkan StarTAC sebagai Gadget Terhebat ke- 6 dari 50 gadget dalam 50 Tahun Terakhir. Ponsel ini adalah salah satu ponsel pertama yang mendapatkan konsumen secara luas, sekitar 60 juta StarTAC telah terjual.

3. Nokia 8110

Sumber: Wikipedia


Nokia 8110 adalah ponsel yang dirilis pada tahun 1996. Ponsel ini diumumkan pada tanggal 9 September 1996 sebagai yang pertama dari seri ponsel Nokia 8000 high-end. Gaya khasnya adalah faktor bentuk 'slider'.

Penutup geser melindungi keypad saat dibawa di dalam saku dan diperpanjang ke bawah saat digunakan, sehingga bisa mendekatkan mikrofon ke mulut. Aksi membuka penutup juga bisa untuk menjawab panggilan masuk. Kelengkungan kasing yang menonjol, terutama saat dibuka, membuatnya mendapat julukan "Banana Phone" atau “Ponsel Pisang”. Nokia 8110 juga merupakan ponsel Nokia pertama dengan LCD grafis monokrom.

Handphone ini dirancang untuk pasar bisnis dan merupakan salah satu handphone terkecil dan teringan (152 gram) yang ada di pasaran, tetapi masih memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada pendahulunya, yaitu Nokia 2110.

4. Nokia 3310

Sumber: Daily Mail


Daftar ini tidak akan lengkap tanpa ponsel yang sampai sekarang masih sering dijadikan meme oleh masyarakat. Nokia 3310 adalah ponsel GSM yang diumumkan pada 1 September 2000, dan dirilis pada kuartal keempat tahun itu, menggantikan Nokia 3210.

Penjualannya sangat baik, menjadi salah satu ponsel paling sukses dengan 126 juta unit terjual di seluruh dunia, dan menjadi salah satu perangkat paling ikonik Nokia. Ponsel ini masih diakui secara luas dan telah memperoleh status kultus karena daya tahannya.

Karena dikenal sebagai ponsel yang tangguh dan berdaya tahan kuat, Nokia 3310 dijuluki oleh TechRepublic sebagai “ponsel kecoa besar yang tangguh". Berikut adalah salah satu contoh meme tentang Nokia 3310.

Sumber: Geeks On Coffee

Baca juga : BPS Sebut Indonesia Resesi, Ekonomi Kuartal III Minus 3,49%

5. T-Mobile Sidekick

Sumber: Good Find Guru


The Danger Hiptop, yang kemudian namanya diganti sebagai T-Mobile Sidekick, Mobiflip, dan Sharp Jump adalah ponsel GPRS/ EDGE/UMTS yang diproduksi oleh Danger, Inc. dari tahun 2002 hingga 2010. Ponsel ini menjadi sangat populer di AS dan telah dianggap ikonik di pasar perangkat seluler.

Perangkat lunak T-Mobile Sidekick dirancang oleh Danger, Inc., yang berlokasi di Palo Alto, California dan dibeli oleh Microsoft seharga $ 500 juta Amerika pada tahun 2008. Danger menyediakan perangkat lunak Hiptop OS dan layanan back-end untuk perangkat tersebut. Ini termasuk katalog aplikasi perangkat lunak yang dapat diunduh, hosting email, pesan instan, proxy web, dan layanan cloud untuk seluruh data pribadi di perangkat. Perangkat keras T-Mobile Sidekick dirancang oleh Danger dan diproduksi oleh Flextronics.

6. Motorola RAZR

Sumber: Wikipedia


Motorola RAZR adalah seri ponsel Motorola yang diperkenalkan pada Juli 2004, lalu dirilis di pasar pada kuartal ketiga 2004.

Karena penampilannya yang unik dan profilnya yang tipis, Motorola RAZR awalnya dipasarkan sebagai ponsel mode eksklusif. Namun, dalam waktu satu tahun, harganya diturunkan dan akibatnya terjual lebih dari 50 juta unit pada Juli 2006. Menjelang rilis, penjualan ponsel Motorola sedang stagnan dan merugi. Keberhasilan RAZR membuat Motorola menjadi untung lagi. Selama empat tahun RAZR berjalan, model V3 terjual lebih dari 130 juta unit, menjadi ponsel clamshell terlaris di dunia hingga saat ini.

7. Sony Ericsson W800

Sumber: GSMARENA


Sony Ericsson W800, dirilis pada tahun 2005. Ponsel ini adalah ponsel Sony Ericsson pertama yang menggunakan merek Walkman. Ponsel ini memiliki fitur Bluetooth v1.2, Inframerah, dan konektivitas USB.

W800 mendukung kapasitas memori eksternal hanya 2 GB, sedangkan penggantinya W810 mendukung 4 GB. Fitur utama ponsel ini adalah kamera 2 megapiksel dengan autofokus, fungsi perekaman video, dan flash. Ponsel ini juga kompatibel dengan MP3 dan AAC, serta memiliki waktu pemutaran hingga 30 jam dalam mode Musik. Waktu siaga dan waktu bicara yang dapat didukung baterai masing-masing adalah 400 jam dan 9 jam.

Baca juga : Kekurangan dan Kelebihan iPhone 12 Mini Dibanding iPhone 12

(mm)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler