Peningkatan Engagement Bagi Perusahaan Software House

syahrul_abd . May 12, 2022

B2B merupakan sebuah model bisnis yang dilakukan antara satu perusahaan ke perusahaan lain. Kegiatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis B2B biasanya akan dilakukan secara jangka panjang. Untuk dapat memiliki hubungan jangka panjang yang terjalin dengan baik, perusahaan perlu melakukan tahapan-tahapan yang tepat. Kebanyakan model bisnis B2B adalah perusahaan yang menawarkan jasa ke perusahaan lain. Salah satu penawaran dalam bentuk services yang saat ini sedang berkembang adalah perusahaan software house. Perusahaan software house adalah suatu perusahaan yang menawarkan bisnis berupa jasa pembuatan aplikasi ataupun website untuk perusahaan lainnya. Sebagai bisnis yang menawarkan jasa, terutama jasa teknologi, hubungan antar perusahaan diperlukan agar terjalinnya kepuasan kerja sama yang dibangun.

Salah satu perusahaan software house di Indonesia adalah Sagara Technology. Sagara Technology merupakan sebuah perusahaan yang bergerak membantu para user untuk memecahkan permasalahan penting di dunia teknologi. Dalam bergerak menjadi pioneer untuk mengembangkan teknologi secara menyeluruh, perusahaan seperti Sagara Technology memiliki pemahaman terkait peningkatan baik brand awareness dan product awareness. Lalu, bagaimana agar dapat memiliki peningkatan awareness yang baik?

Pengenalan Brand Ambassador 

Jika kita mengacu pada wikipedia bahasa inggris, yang dimaksud dengan brand ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili merek dengan cara yang positif, sehingga membantu meningkatkan penjualan. Brand ambassador mempunyai tujuan untuk menciptakan citra perusahaan berupa penampilan, perilaku, nilai dan etika.

Dalam tahap pengenalan brand ambassador sangat berpengaruh secara signifikan terhadap branding, sebaiknya bisa menjadi wajah atau bentuk dari perusahaan yang akan  berpengaruh terhadap reputasi dari sebuah perusahaan. Sehingga dalam memperkenalkan perusahaan Sagara technology dapat diketahui lebih banyak orang dan bisa dikenal dengan citra yang baik. Umumnya yang diminta untuk menjadi brand ambassador adalah para selebriti, influencer, atau individu yang telah diakui kemampuannya sebagai seorang profesional di suatu bidang.

Misalnya, jika ada sebuah brand yang berfokus terhadap produk pendidikan, maka orang yang cocok untuk menjadi brand ambassador-nya mungkin bisa dari kalangan selebriti muda atau publik figur yang terkenal inspiratif, contohnya Najwa Shihab. Sehingga nantinya berbagai aktivitas dan kampanye yang dilakukan oleh brand ambassador tersebut sesuai dengan identitas dari perusahaan.(Derby Juliana Osak & Yusepaldo Pasharibu, 2020)

Pentingnya Brand Ambassador di Sagara Technology

Pada Tahap selanjutnya brand ambassador juga diperlukan dalam peningkatan review yang baik dan tingkat penjualan Sagara technology akan meningkat ketika perusahaan yang lain sudah mengetahui value dari Sagara technology. Efek brand ambassador merupakan faktor dari luar sagara yang bisa membantu dalam pemasaran produk di media sosial, sosok dari brand ambassador dikenal dengan jumlah pengikut yang banyak dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikutnya sehingga siapapun akan tahu apalagi dari brand ambassador merupakan orang yang bergerak di perusahaan yang membutuhkan produk dan jasa dari Sagara technology. Sehingga pengenalan dari perusahaan Sagara technology lebih luas dan dikenal. 

Dalam proses lanjutannya yang dapat membantu meningkatkan conversion rate di media sosial, brand ambassador dapat mencantumkan alamat Instagram dan website-nya Sagara technology di bio Instagramnya sehingga besar kemungkinan para calon pelanggan bisa mengunjungi instagram dan website Sagara technology. Di dalam web sagara technology dari foto produk dan review pelanggan mungkin bisa melibatkan brand ambassador untuk menjadi wajah dan bentuk dari perusahaan. Di dalam Instagram Sagara sendiri mungkin bisa di maksimalkan penggunaan video marketing, atau informatif video merupakan salah satu alat peraga yang paling mampu memberikan pengenalan secara rinci’ bagi’ pelanggan, maka dari’ itu video banyak digunakan dalam promosi’ produk. Dipilih Karena media visual adalah media yang mampu memberikan penjelasan tanpa harus menyusahkan klien atau konsumen dengan catatan prinsip-prinsip dasar dalam membuat video promosi’ diperhatikan secara seksama.. Promosi produk dilakukan menggunakan video di media sosial sebagai media perantara penjual dan pembeli. Sehingga perusahaan yang membutuhkan jasa atau layanan menjadikan adanya sagara technology benar-benar menjadi nilai yang nyata.(Evi Maidasari et al., 2021)

Brand ambassador juga menjadi keterlibatan suatu penjualan itu berhasil karena pesatnya perkembangan yang didapatkan oleh perusahaan juga sangat bergantung kepada caranya untuk mendapatkan profit dari produk, seperti dalam penandatanganan produk selain sosok pemilik dan sosok brand juga dibutuhkan. 

Strategi Perkembangan Pemasaran melalui Brand Ambassador

Strategi yang dapat dilakukan oleh Sagara Technology jika menggunakan jasa Brand Ambassador untuk memaksimalkan proses brand awareness dalam memperkenalkan Sagara Technology untuk lebih dikenal di khalayak masyarakat luas yaitu sebagai berikut:

1.      Memberi kesaksian secara personal memakai brand tersebut, sehingga dapat memberi informasi/ kesaksian tentang kualitas dan keuntungan dari memakai brand tersebut.

2.      Memberikan dorongan dan penguatan adakalanya, jika diminta untuk mengiklankan produk atau layanan yang dia sendiri pun secara personal tidak ahli di bidang tersebut.

3.      Bertindak sebagai aktor dalam iklan yang diwakilinya diminta untuk memakai brand tersebut guna mempromosikannya pada saat selebriti berada di suatu program atau project tertentu yang terkait dengan perannya.

4.      Bertindak sebagai juru bicara untuk mempromosikan layanan jasa, produk, brand atau perusahaan Sagara Technology dalam kurun waktu yang ditentukan. Dengan begitu penampilan mereka akan diasosiasikan dengan brand yang diwakilinya tersebut.(Fauziah, 2020)

Brand Ambassador nantinya mampu memberi kesaksian pada khalayak dengan cara menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan sebuah brand seperti cara penggunaan, kenyamanan pemakaian, kelebihan produk maupun layanan jasa yang disampaikan dengan baik agar dapat meyakinkan khalayak untuk menggunakan jasa layanan value perusahaan Sagara Technology.

Setelah memakai jasa dari Brand Ambassador langkah konkrit selanjutnya yang dapat dilakukan oleh Sagara Technology yakni memberikan edukasi dan memprospek para khalayak agar secara tidak langsung para calon pelanggan dapat merasakan benefit dan value yang didapat ketika mengikuti sosial media dari Sagara Technology. Seperti contoh di dalam web Sagara technology dari foto produk dan review pelanggan mungkin bisa melibatkan brand ambassador (sesuai data brand image) untuk menjadi wajah dan bentuk dari perusahaan. Di dalam Instagram Sagara sendiri mungkin bisa di maksimalkan penggunaan video marketing, atau informatif yang dapat melibatkan interaksi dari calon pelanggan seperti konten survey, kuiz dan lain sebagainya. Semaksimal mungkin untuk memberikan konten-konten yang menarik, bermanfaat dan menimbulkan interaksi antara Sagara Technology dengan para khalayak. 

Kemudian langkah selanjutnya yakni Sagara Technology dapat memberikan layanan jasa free trial untuk calon pelanggan. Sehingga calon pelanggan nantinya dapat mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya dilakukan ketika perusahaan membutuhkan platform media online untuk mengembangkan perusahaannya. Free trial ini nantinya mengharuskan para calon pelanggan untuk memberikan identitasnya seperti nama, email maupun no. Whatsapp dan lain sebagainya. Dengan begitu Sagara Technology mendapatkan database identitas calon pelanggan yang nantinya dapat diprospek kembali dengan memberikan edukasi ataupun email marketing agar calon pelanggan bisa setia dengan perusahaan Sagara Technology. Setelah calon pengguna memakai free trial nantinya calon pengguna jika ingin lebih lanjut ke dalam proses layanan konsultasi lebih mendalam bisa membayar dengan budget yang telah disediakan oleh Sagara Technology.

Dengan memaksimalkan strategi pemasaran yang telah disampaikan diatas, Sagara Technology akan mendapatkan conversion rate yang tinggi dan proses untuk pemasaran pun bisa lancar serta besar kemungkinan mendapatkan calon pengguna yang setia.

Referensi :


Derby Juliana Osak, & Yusepaldo Pasharibu. (2020). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN MEDIASI BRAND  AWARENESS. Ekonomi Dan Bisnis, 9, 357–380.

Evi Maidasari, Vonny Tiara Narundana, & Rina Lolyana. (2021). PENGARUH PROMOSI VIDEO MARKETING DAN KESADARAN  MEREK DALAM MEMPENGARUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YAMAHA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11, 128–137.

Fauziah, M. I. (2020). STRATEGI BRAND AMBASSADOR ONLINE SHOP  “SHOPPEE” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. BUSINESS STUDIES, 05.

 



 


Sagara Technology

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar