Paten LG Tentang Laptop yang Dapat Digulung, Untuk Apa ?

Annisa Fadillah . November 22, 2020

Foto : Gizmochina

Teknologi.id - Dalam kesempatan sebelumnya, diketahui bahwa OPPO meluncurkan OPPO X 2021 sebagai konsep kerja pertama di dunia dari smartphone yang dapat digulung, pada acara OPPO INNO DAY 2020. Perusahaan tersebut hanya mengungkapkan detail kecil dari perangkat ini dan tidak mengatakan apakah produk tersebut akan benar-benar beredar.

Di sisi lain, perusahaan asal Korea Selatan, LG, diketahui telah memiliki paten mengenai smartphone yang dapat digulung terlebih dahulu. Paten LG ini pertama kali dilaporkan oleh Root MyGalaxy, tetapi pihaknya tidak membeberkan secara gamblang tentang kapan dan di kantor mana paten ini diajukan. Pihak LG sendiri pun sudah memastikan jika akan merilis ponsel yang dapat digulung pada tahun depan.

Baca Juga : Oppo Pamerkan Konsep Rolling Phone dan Kacamata AR

LG memang belum meluncurkan smartphone gulungnya tersebut secara resmi ke publik, tetapi mereka telah merilis produk menarik lainnya. Pertama dan terpenting, LG adalah satu-satunya perusahaan yang secara komersial menjual Smart TV yang dapat digulung, yakni LG Signature OLED TV R. Selain itu, LG adalah satu-satunya merek di dunia yang menjual smartphone modern dengan layar putar dalam bentuk LG Wing.

Perusahaan LG sendiri juga telah mematenkan desain laptop dengan layar dan keyboard yang bisa digulung. Jika dilihat dari diagram yang tertera di dalam paten, tampilan di laptop kepunyan LG ini bisa dibuka dari 13,3 inci hingga 17 inci. Tidak hanya itu, bahkan keyboard dengan touchpad pun dapat diputar di dalam drum layar. Jadi ketika laptop benar-benar digulung, tampilannya akan mirip seperti soundbar.

Foto : Gizmochina

Mungkin sebagian dari kalian akan bertanya, "Jadi apa fungsi dari penggunaan desain ini?". Satu-satunya yang dapat kami pikirkan adalah bahwa desain ini akan memakan lebih sedikit ruang di dalam tas. Perlu diingat bahwa teknologi fleksibel itu sangat rentan, sehingga perlu waktu yang tidak sebentar untuk menyempurnakannya. Oleh karena itu, kami belum dapat memastikan jika LG bakal meluncurkan laptop yang dapat digulung tersebut dalam waktu dekat.

Sebagai alternatif, saat ini telah tersedia laptop yang dapat dilipat seperti buku, bernama ThinkPad X1 Fold keluaran Lenovo. Namun, memang laptop ini tidak tersedia di semua wilayah, karena hanya dipasarkan di beberapa negara saja. Kabar baiknya, Indonesia termasuk ke dalam wilayah pemasaran laptop lipat pertama tersebut.

Jika LG benar-benar dapat mewujudkan paten laptop dengan layar dan keyboard yang bisa digulung, hal ini akan menjadi inovasi paling revolusioner di dunia. Dan, yang paling penting adalah kita tidak perlu repot-repot membawa tas besar untuk kuliah atau kerja untuk membawa laptop.

Baca Juga : Google Patenkan Smart Ring, Bisa Selfie Cuma Pakai Cincin

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler