Ini Dia, 5 Alasan Pengisian Baterai Lambat

Cahya Febriansyah . April 07, 2021

Foto : Okezone

Teknologi.id - Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pengisian daya pada smartphone. Faktor-faktor ini berbeda-beda sesuai dengan jenis ponsel cerdas Anda, aksesori pengisian daya, kebiasaan pengisian daya, dan sebagainya.

Dalam panduan ini, Anda akan menemukan 5 kemungkinan alasan mengapa ponsel Anda mengisi daya sangat lambat dan cara mengatasi masalah tersebut.

1. Aksesori Pengisian Daya Tidak Kompatibel atau Rusak

Pastikan adaptor daya Anda memiliki output rating (ampere) yang cukup untuk mengisi daya ponsel Anda secara optimal. Ampere menggambarkan jumlah arus listrik yang dapat disuplai adaptor daya ke ponsel Anda. Semakin rendah arus listrik pengisi daya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai Anda.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kabel asli yang dalam kondisi baik. Kabel USB mudah rusak karena sering terpuntir, terlipat, atau tertekuk secara berlebihan terutama pada titik di mana kabel tersambung ke telepon Anda.

2. Anda Menggunakan Pengisi Daya Nirkabel

Teknologi pengisian daya nirkabel memang keren dan mewah, tetapi sayangnya memiliki beberapa kekurangan. Salah satu batasan ini adalah kecepatan pengisian yang lambat. Bantalan pengisi daya nirkabel akan mengisi daya ponsel Anda relatif lebih lambat daripada menggunakan kabel. Casing ponsel dapat mengurangi kecepatan pengisian nirkabel, jadi pastikan Anda melepas casing sebelum meletakkan perangkat di pad nirkabel.

Baca Juga : Mengecas Smartphone Semalaman Merusak Baterai, Mitos/Fakta?

3. Terjadi Masalah dengan Port Pengisian Daya

Perangkat Anda akan mengisi daya lebih lambat dari biasanya jika port pengisian rusak. Benda asing yang terperangkap di dalam port dapat menghalangi transfer arus listrik dari kabel pengisi daya ke ponsel Anda. Ini juga dapat memperlambat proses pengisian. Periksa port pengisian daya ponsel Anda menggunakan senter dan periksa debu, serat, dan kotoran.

Hindari meniupkan udara ke port pengisian dengan mulut Anda. Uap air dari napas Anda dapat merusak port dan menyebabkan kerusakan serius pada ponsel Anda. Selain itu, Anda tidak boleh membersihkan port dengan benda logam tajam seperti jarum, pin, atau klip kertas.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

4. Background Apps

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menyebabkan baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dan mengisi daya dengan lambat. Ini seperti mencoba mengisi ember dengan lubang. Aplikasi latar belakang adalah lubang di ponsel cerdas Anda; energi dari pengisi daya Anda secara bersamaan akan mengisi daya baterai dan aktivitas latar belakang daya. Ini mengurangi jumlah daya yang tersedia untuk mengisi daya baterai Anda.

5. Baterai Anda Tua dan Rusak

Kinerja, kapasitas, dan efisiensi baterai isi ulang cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Baterai ponsel cerdas berusia dua tahun Anda akan lebih cepat habis daripada saat baru. Begitu pula, ponsel Anda akan mengisi daya lebih lambat.

Selain hal di atas, Anda juga harus menghindari penggunaan ponsel saat mengisi daya. Melakukannya akan menyebabkan ponsel Anda mengisi daya dengan kecepatan yang lambat, menaikkan suhu baterai, dan meningkatkan kemungkinan kabel pengisi daya Anda rusak. Sekarang setelah Anda mempelajari beberapa praktik pengisian daya yang baik, lihat cara untuk menghemat & memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda.

(cf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler