Dedicated Server, Solusi Tepat untuk Perusahaan dan Startup

Muhammad Mufid Luthfi . September 02, 2022

Dalam membuat website atau aplikasi, Anda tentu butuh infrastruktur cloud untuk menyimpan dan mengelolanya agar dapat diakses oleh orang banyak. Karena itulah, memilih layanan yang tepat menjai sangat penting!

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung skala bisnis itu sendiri. Misalnya, korporasi atau startup mungkin memiliki kebutuhan infrastruktur cloud yang lebih besar daripada UMKM. Salah satu layanan server yang bisa Anda gunakan adalah dedicated server. Dalam artikel ini, Anda akan mengenal layanan dedicated server beserta keunggulannya. 

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyewa satu server utuh tanpa berbagi dengan user lain. Sehingga, Anda sendiri dapat menggunakannya secara leluasa dan mengkonfigurasikannya sesuai kebutuhan Anda. 

Pengguna dedicated server memiliki kuasa penuh terhadap pengelolaan dedicated server tersebut, mulai dari manajemen hardware, pemilihan sistem operasi, instalasi software, dan sebagainya. 

Dedicated server adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki bisnis dengan perkembangan cepat dan harus mengelola banyak data serta trafic setiap harinya. Anda tentu butuh server dengan performa tinggi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda tersebut. 

Walaupun memberi keleluasaan, banyak orang beranggapan bahwa dedicated server mahal dan sulit untuk digunakan. Padahal, pihak penyedia layanan biasanya menyediakan support untuk instalasi software dan penyediaan hardware, sehingga sangat memudahkan Anda. 

Keunggulan Dedicated Server

Setelah memahami apa itu dedicated server, Anda tentu ingin mengetahui apa saja kelebihannya. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Performa Handal

Penggunaan dedicated server memberikan performa maksimal bagi website atau aplikasi Anda. Hal ini tentu saja karena kapasitasnya yang jauh lebih besar, didukung oleh hardware berspesifikasi tinggi untuk meningkatkan kinerja server.

Menggunakan dedicated server yang berkapasitas besar dan memiliki performa tinggi membuat Anda tak perlu khawatir website error atau lemot saat diakses oleh pengguna. Dengan dedicated server, website Anda senantiasa lancar dengan uptime server mencapai 99%.

Jika menggunakan shared hosting, maka Anda harus siap berbagi sumber daya dengan pengguna lainnya. Website dan aplikasi yang tersimpan dalam server tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain karena tersimpan di satu tempat yang sama. 

Karena itu, ada kemungkinan performa website atau aplikasi Anda akan terpengaruh dari website milik pengguna lain. Misalnya, website pengguna lain sedang mengadakan flash sale, sehingga mengalami lonjakan traffic. Website Anda yang berbagi sumber daya server dengan website pengguna lain tersebut bisa terpengaruh, lho! 

Website bisa menjadi lebih lambat karena sumber dayanya banyak terpakai untuk menjalankan proses lain yang lebih besar. Akibatnya, website jadi lemot bahkan crash. Dengan menggunakan dedicated server, Anda tak perlu mengkhawatirkan masalah ini karena tak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain. 

2. Kontrol Penuh Bagi Pengguna

Dedicated server memberikan Anda akses penuh untuk mengelola server. Anda dapat menginstal sistem operasi dan aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Selain itu, Anda bisa mengatur kapasitas dan pembagian sumber daya dalam server tersebut dengan bebas. 

3. Lebih Aman

Dengan dedicated server, Anda tak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain. Karena itulah, keamanan juga lebih terjamin karena Anda bisa mengelola dan memperkuatnya sendiri. Anda tidak perlu terganggu karena noisy neighbour atau aktivitas 'tetangga' lain dalam server tersebut.

Seperti yang kita ketahui, keamanan adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah website dan aplikasi. Terutama jika Anda memiliki banyak pengguna yang memberikan data-data pribadi mereka. 

Penutup

Begitulah penjelasan tentang dedicated server, mulai dari pengertian hingga keunggulannya. Layanan infrastruktur cloud yang satu ini sangat cocok untuk korporasi yang membutuhkan sumber daya besar dan server dengan perfoma handal untuk menangani traffic website yang tinggi dan jumlah pengguna yang sangat banyak.

Dedicated server memiliki banyak hal yang tidak dapat Anda nikmati jika menggunakan layanan shared hosting, seperti keamanan yang lebih terjaga, bebas dari gangguan 'noisy neighbour', dan keleluasaan untuk mengelola server.

Dedicated Server IDCloudHost dapat menjadi piihan yang tepat untuk Anda. Dengan banyak pilihan harga dan spesifikasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan untuk menggunakan layanan optimal demi kemajuan bisnis Anda. 



author0
teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Tinggalkan Komentar

0 Komentar