Budget 5 Juta-an untuk Rakit PC, Dapat Apa Saja?

Muhammad Iqbal Mawardi . February 19, 2021

Foto: Pinterest

Teknologi.id – Di era sekarang ini, merakit PC merupakan hal yang lumrah dilakukan terutama oleh kalangan gamers. Dengan merakit PC sendiri, kita dapat menyesuaikan budget yang kita miliki dengan spesifikasi PC yang kita inginkan.

Namun, kebutuhan orang akan PC tentu berbeda-beda. Seorang yang menginginkan PC untuk gaming dengan seseorang yang menginginkan PC untuk editing atau hanya untuk kebutuhan pekerjaan tentu berbeda.

Jika budget yang kamu miliki saat ini berkisar di 5 juta dan ingin merakit PC sendiri, tidak perlu khawatir. Dengan budget 5 juta-an tersebut, kamu dapat merakit PC dengan spesifikasi yang terbilang sudah cukup mumpuni.

Apa saja komponen tersebut? Berikut spesifikasi yang bisa kamu dapatkan dari merakit PC dengan budget 5 juta-an.

Prosesor: AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G

Foto: AMD

Untuk keperluan gaming dan editing, prosesor AMD Ryzen 3 Raven Ridge 2200G dapat menjadi pilihan. Dengan Clock Speed3.5Ghz up to 3.7Ghz 4 core dan 4 Thread, prosesor ini sudah cukup mumpuni untuk menjadi otak dari PC yang kamu rakit. Prosesor ini juga sudah cukup kuat untuk kamu yang senang bermain game. 

AMD Ryzen 3 dibekali dengan Integrathed Grapich Vega 8 yang tentu nantinya akan dibantu dengan VGA lain untuk menunjang performa grafis PC gaming ini. Prosesor milik AMD ini dibanderol dengan harga sekitar 1,2 juta.

Motherboad: ASRock A320M-HDV

Foto: ASRock

Kemudian di sektor motherboard, ASRock A320M-HDV dapat menjadi pilihan. Motherboard ini tentunya sesuai dengan socket yang dibutuhkan oleh prosesornya yakni Ryzen 3 2200G. Selain itu, motherboard ini dibekali dengan dua slot DIMM untuk memori RAM DDR4. Untuk harga dari motherboard ini berkisar di harga 695 ribu.

Baca juga: Hobby Gaming? Ketahui 5 Website Game Paling Populer Berikut

RAM: KLEVV DDR4 Value Series PC2130 8GB

Foto: Klevv

RAM merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah komputer. Semakin besar RAM nya maka akan semakin lancar dalam menjalankan berbagai programnya. Saat ini, komputer dengan RAM 4GB mungkin sudah tidak kuat untuk menjalankan game saat ini. Sehingga direkomendasikan untuk memakai RAM 8GB.

Untuk merk RAM sendiri, kamu dapat memakai RAM milik KLEVV dengan DDR4 8GB. Harga dari RAM ini berkisar di angka 490 ribu.

VGA: ASRock Radeon RX 570 4GB Phantom Gaming D

Foto: ASRock

Fungsi dari VGA atau kartu grafis ialah untuk mengubah sinyal digital yang disalurkan dari komputer menjadi tampilan grafis pada monitor. Dengan VGA yang mumpuni, kualitas tampilan gaming yang dihasilkan tentunya dapat lebih memanjakan mata. ASRock Radeon RX 570 Phantom Gaming D ini cocok untuk menunjang grafis bagi PC rakitan kamu.

Dengan memori VGA sebesar 4 GB sudah semestinya dapat menghadirkan pengalaman gaming yang memuaskan ditambah dengan dual fan di bagian pendingin. VGA ini dibanderol dengan harga 1,7 jutaan.

SSD: Adata SSD SU650 480GB SATA III

Foto: Omega Computer

Nah, di bagian penyimpanan, sangat disarankan untuk memakai SSD. Sebab SSD memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan HDD diantaranya bisa membuat proses booting lebih cepat, dan proses pembacaan dan pemindahan file yang lebih cepat

Rekomendasi SSD yang dapat digunakan yakni Adata SSD SU650 480GB SATA III dengan harga 880 ribuan.

Power Supply: Aerocool LUX RGB 550W 80+ Bronze

Foto: Aerocool

Untuk power supply, Aerocool LUX RGB 550W 80+ dapat menjadi pilihan dengan harga 480 ribuan. Dengan rating PSU 80+ bronze, PSU ini memiliki efisiensi daya hingga sekitar 80% pada keadaan tertentu.

Casing: Cube Gaming Uxara

Foto: Tokopedia

Memilih casing untuk PC sebenarnya bergantung pula pada selera., jika kamu mencari casing dengan desain yang minimalis, elegan dan harga miring, casing Cube Gaming Uxara dengan harga sekitar 380 ribuan dapat menjadi pilihan.

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler