Halodoc Hadirkan Layanan Tes Swab Antigen COVID-19

Rima Fidayani Rizki . November 08, 2020

Foto: Gizmologi

Teknologi.id - Startup kesehatan asal Indonesia, Halodoc, kembali menghadirkan inovasi untuk terus memenuhi kebutuhan konsumennya atas layanan kesehatan yang mudah dan nyaman. Kali ini, Halodoc meluncurkan layanan Tes Swab Antigen di aplikasinya sejak awal bulan Oktober kemarin. Halodoc mengambil langkah ini karena pada bulan tersebut Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi untuk menggunakan dua produk tes cepat antigen dengan metode swab.

Baca Juga: Tim Berners-Lee: Inrupt Siap Lindungi Data Privasimu

Doddy Lukito, Chief Business Officer & co-founder Halodoc, mengatakan jika pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi mereka untuk menyederhanakan akses layanan kesehatan. “Akses bagi masyarakat untuk mendapatkan tes yang akurat dengan lebih cepat dan terjangkau menjadi salah satu strategi untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia,” demikian dijelaskan oleh Doddy, sebagaimana dikutip dari Gizmologi.

Oleh karena hal itulah, Halodoc berupaya untuk memperluas layanan tes Covid-19, lewat penjalinan kemitraan dengan beragam pelaku industri. Dalam upaya untuk kembali menyehatkan Indonesia, Halodoc berencana untuk memperluas akses ke Rapid Test dan tes PCR, di samping menambah akses untuk Tes Swab Antigen.

Layanan Tes Swab Antigen dari Halodoc baru tersedia di Jakarta dan Surabaya saja. Metode tesnya dilakukan dengan cara mengambil sampel dari cairan nasofaring pasien menggunakan teknik swab. Dari hasil swab, akan terdeteksi kebedaan antigen virus tertentu. Hasil diagnosisnya pun relatif instan.

Layanan terbaru ini menjadi terobosan karena Halodoc menjadi platform kesehatan pertama yang memfasilitasi Tes Swab Antigen.

Akses untuk layanan Tes Swab Antigen cukup mudah, yaitu bisa melalui layanan drive-thru atau dengan membuat janji di mitra fasilitas kesehatan. Biaya untuk tes ini dimulai Rp299 ribu, dan tesnya menggunakan produk Panbio dari Abbott yang memiliki tingkat sensitivitas serta spesifisitas tinggi khusus untuk virus Covid-19. Tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan hasil tesnya, karena pasien hanya perlu menunggu selama 60 menit saja.

Halodoc menjamin keamanan seluruh petugas kesehatan yang bertugas di fasilitas drive-thru dengan alat pelindung diri (APD) lengkap untuk petugasnya sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan dan lembaga terkait.

APD yang digunakan seperti masker, face shield, hazmat suit, sampai sarung tangan karet yang diganti setiap tes dilakukan. Jika tidak ingin drive-thru, ada opsi untuk melakukan tes di rumah atau paket khusus untuk korporat.

Baca Juga: Wifworld, Solusi Bisnis Fashion Indonesia

Lebih dari 300 ribu tes Covid-19 telah difasilitasi Halodoc selama bulan September 2020, bersama lebih dari 500 mitra klinik dan rumah sakit di 100 kota dan kabupaten di Indonesia. Pengguna bisa membuat janji lebih aman karena minim kontak dengan orang lain lewat aplikasi di smartphone masing-masing.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler