Ciptakan Digital Marketing Campaign Efektif dengan ADA Asia

Foto: ADA Asia

Teknologi.id - Di era digital yang sekarang, transformasi digital memiliki peran penting dalam berbagai sektor, termasuk periklanan. Kamu perlu memahami bahwa transformasi digital telah membawa perubahan besar dalam cara perusahaan melakukan iklan dan berinteraksi dengan audiensnya menggunakan teknologi. Hal ini memberikan peluang besar bagi industri periklanan untuk mencapai audiens yang lebih luas dalam upaya meningkatkan efektivitasnya.

Selain itu, teknologi memainkan peran yang sangat penting dalam periklanan untuk mendapatkan dampak bisnis yang besar. Dengan adanya teknologi, kamu dapat mengumpulkan dan menganalisis data calon pelanggan sehingga bisa memahami preferensi dan kebutuhan mereka, agar meningkatkan konversi.

ADA Asia adalah perusahaan agensi yang menghubungkan data, pemasaran, perdagangan, dan pengalaman pelanggan. Selain itu, mereka berhasil menjalankan periklanan yang efektif dengan menggunakan analisa data di era transformasi digital ini.

Baca juga: Mudah, Ini 6 Software AI yang Bisa Bantu Kegiatan Digital Marketing - Teknologi

Langkah penting yang harus diambil agar kamu dapat menciptakan periklanan yang efektif adalah dengan memahami bagaimana outcome dari bisnismu. Sehingga, penting untuk mengumpulkan data, agar dapat memahami audiensmu dengan lebih baik dan mengidentifikasi segmen yang berpotensi tinggi untuk konversi.

Faradi Bachri, selaku Regional Head of Marketing Performance ADA Asia, menjelaskan bahwa “Jadi inti untuk melihat metrik dan mengukur kesuksesan digital transformasi itu, yaitu bisnis outcome seperti apa. Nah begitu kita mengetahui targetnya apa kita bisa melihat bahwa impact bisnisnya itu seperti apa, kemudian bisa kita measure.”

Selanjutnya, ia menambahkan bahwa kesuksesan transformasi digital dalam periklanan tidak hanya diukur dari keberadaan website dan aplikasi. Analisis data menjadi kunci penting agar memahami pola pengambilan keputusan yang tepat dan bukan hanya berdasarkan perkiraan. ADA Asia menggunakan tiga komponen penting dalam menentukan strategi yang tepat, yaitu:

  • Menentukan KPI

Dalam upaya mencapai periklanan yang efektif, ADA Indonesia menekankan pentingnya menentukan Key Performance Indicators (KPI) yang relevan sesuai dengan dampak bisnis yang diinginkan. Faradi Bachri menjelaskan, “Sebenarnya the best way to analisis adalah understand sebenarnya KPI-nya itu apa, karena kalau kita melihat indeksnya itu ada banyak banget. Misalnya, jangan hanya berfokus pada view saja, karena penting mengetahui dampak bisnisnya terlebih dahulu. Contoh kasusnya jika tujuannya adalah penjualan, terus metodologinya adalah pakai YouTube buat view, hasil campaign-nya ini pasti enggak sense gitu dan enggak akan bisa achieve."

Baca juga: Evolusi Esports: Peningkatan Kepentingan dan Dampak pada Industri Game - Teknologi

Sehingga, dengan menetapkan KPI yang tepat, perusahaan dapat mengukur dan melacak kemajuan kampanye periklanan secara lebih efektif. Dengan KPI yang relevan dapat mencakup peningkatan penjualan, tingkat konversi, dan pertumbuhan kesadaran merek.

  • Memahami Conversion Funnel

ADA Asia juga memahami pentingnya konversi funnel untuk melacak perjalanan konsumen agar dapat mencapai penjualan. Faradi Bachri juga menyampaikan “Kedua, kita mesti tahu conversion funnel. Dengan ini, kita bisa tahu journey dari pelanggan itu seperti apa, misalnya kalau spend berapa juta untuk men-drive traffic penjualan ke e-commerce, terus iklan di YouTube agar orang aware, terus berharap orang beli produk, tentunya nggak bisa di measure.”

Dengan memahami proses konversi, mereka dapat mengidentifikasi tahapan-tahapan yang tepat untuk mengambil keputusan pembelian pelanggan sehingga bisa mengoptimalkan strategi periklanan perusahaan di setiap tahapan tersebut.

  • Memahami Perputaran Ekosistem Bisnis Perusahaan

Selain itu, sebagai bagian dari periklanan yang efektif, ADA Asia juga memahami pentingnya untuk mengetahui ekosistem digital dari perusahaan pelanggan. Faradi Bachri menambahkan, "Ketiga, kamu perlu mengetahui ekosistem digitalnya, misalnya jika sebuah warung kopi menghasilkan penjualan 2.000 per hari dan agar bisa mencapai 2 juta. Artinya, kita harus tahu dulu sistem yang digunakan oleh warung kopi itu agar bisa menentukan tindakan yang perlu diambil dan toko lainnya belum lakukan. Nah itu semua mesti dipikirin."

Dengan memahami bagaimana bisnis pelanggan beroperasi dalam lingkungan digital, ADA Asia dapat membantu pelanggan meningkatkan skala bisnis mereka dan mencapai target yang diinginkan. Melalui analisis yang cermat, mereka dapat mengidentifikasi peluang dan strategi yang relevan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca juga: Project S TikTok: Dampak Potensial pada Ritel Lintas Batas dan Bisnis Lokal - Teknologi

  • Tantangan yang Dihadapi ADA Asia dalam Periklanan

ADA Asia Indonesia sendiri telah berhasil memberikan dampak yang signifikan dan hasil bisnis yang nyata terhadap beberapa brand yang telah bekerja sama dengannya. Meskipun begitu, dibalik keberhasilan tersebut, ada tantangan yang biasanya mereka hadapi dalam menciptakan strategi periklanan yang efektif.

Hal ini terkait dengan perusahaan yang kurang memahami dengan jelas tujuan bisnisnya dan mengetahui kriteria target pelanggannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menghadapi tantangan tersebut, agar strategi iklannya dapat dibuat dengan efektif dan dapat terukur. Jika kamu tertarik, kamu bisa dengan mudah mengakses seluruh layanan ADA Asia melalui website resminya di ADA Contact Us (ada-asia.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(raa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

1 Komentar