Tim Berners Lee, Bapak World Wide Web yang Tidak Mata Duitan

Ternyata masih banyak daftar ilmuwan yang telah mengubah dunia selain Albert Einstein, Thomas Alva Edison dan ilmuwan-ilmuwan lainnya. Jasa ilmuwan yang satu ini sungguh besar namun sayang namanya jarang dikenal, Ia adalah Tim Berners Lee yang menemukan sebuah elemen internet penting sehingga zaman bisa secanggih saat ini.

Bagaimana sosoknya dan apa saja yang sudah Ia lakukan untuk dunia? Yuk! simak kisahnya berikut ini.

Pencipta World Wide Web (www)

Foto: CERN

Pada tahun 1989, Tim Berners Lee mengembangkan teknologi komunikasi untuk tempat kerjanya yang diberi nama World Wide Web (www). Ya! World Wide Web yang kita kenal selama ini diciptakan oleh Tim Berners Lee. Ia tak menyangka www menjadi teknologi komunikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Pada saat itu Ia hanya ingin memudahkan peneliti di tempat kerjanya untuk berbagi data. Siapa sangka jika yang ia lakukan itu adalah gebrakan besar yang mengubah peradaban manusia.

Bayangkan bagaimana kehidupan kita sekarang tanpa www, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan peradaban di tahun 1980an. Tidak akan ada wikipedia, facebook, blog, toko online dan sebagainya. Mark Zuckerberg memang jenius, tapi tanpa www, ia juga tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Terlahir Jenius

Foto: abc.es

Tim Berners Lee memang terlahir sebagai orang yang cerdas. Kedua orang tuanya sama-sama berprofesi sebagai ahli matematika dan programmer. Tim yang selalu berprestasi semasa sekolah memilih berkuliah di Oxford University jurusan Fisika. Ketika kuliah di Oxford, Ia pernah merakit komputer dengan solder besi, gerbang TTL, prosesor M6800 dan televisi tua. Tidak hanya itu, ia juga menyelesaikan kuliahnya hanya dalam waktu tiga tahun. Keren banget kan?

Pada tahun 1980, Tim bekerja di CERN, sebuah laboratorium fisika partikel Eropa di Jenewa, Swiss. Di sanalah ia mengajukan proposal www dan menciptakannya.

World Wide Web Tidak Dipatenkan

Foto: blog.ted.com

Meski dinilai memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan dunia teknologi, sosial dan budaya manusia, namun Lee diketahui tak menjadikan ciptaannya tersebut sebagai lumbung keuntungan secara finansial. Ia menolak untuk mematenkan temuannya dan mendonasikannya pada dunia.

Kehidupan pribadi Lee yang kini menjabat sebagai pendiri dan direktur di organisasi World Wide Web Consortium (W3C) pun cukup normal dan sederhana. Hal tersebut sangat berbeda dengan kebanyakan pengusaha atau penemu di bidang teknologi lainnya yang kini hidup bergelimang harta berkat karyanya seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg dan masih banyak lagi.

Kita semua harus berterima kasih pada Lee, karena jika ia mengkomersilkan www, kehidupan kita tidak akan semudah ini. Dari sebuah keinginan, muncul penemuan yang akhirnya membantu banyak orang. Meski ujung-ujungnya keberhasilan itu hanya digunakan banyak orang tanpa tahu siapa penemunya.

Jika kita sudah tau siapa saja penemu-penemunya, semoga kita bisa lebih mengapresiasi karya-karyanya. nst

Baca juga: Ada Lovelace, Programmer Pertama di Dunia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *