Susan Wojcicki, CEO YouTube: Work Smart, Get Things Done.

Wanita sering dianggap sebagai “sosok dibalik layar” dalam keluarga. Mendukung suami, mengurus rumah sambil mendidik anak-anak rupanya telah menjadi suatu hal yang melukiskan kaum wanita. Akan tetapi, di zaman yang modern ini, wanita bukan hanya sekedar ibu rumah tangga, mereka bisa lebih dari itu.

Wanita bisa menjadi sosok utama yang menggerakkan kegiatan perekonomian bernilai fantastis. Kita bisa mengenal sosok wanita seperti itu lewat seorang wanita sukses bernama Susan Wojcicki. Wanita cantik dan cerdas yang satu ini adalah CEO Youtube yang baru sejak periode Februari 2014.

Susan Wojcicki sebelumnya sudah memegang peranan penting di perusahaan Youtube dengan menjabat sebagai Senior Vice President for Adsand Commerce. Dedikasi dan loyalitas Susan pada perusahaan Youtube akhirnya membawanya naik ke tingkat pimpinan perusahaan tertinggi, menggantikan Salar Kamangar yang telah menjabat sebagai CEO Youtube sejak tahun 2010.

Kehidupan Seorang Susan Wojcicki

Susan Wojcicki lahir dari pasangan yang sangat berdedikasi terhadap dunia pendidikan. Ayahnya, adalah seorang profesor fisika di Stanford University sementara ibunya adalah salah satu staf pendidik berdarah Jerman-Yahudi. Di masa muda, Susan Wojcicki telah menunjukkan minatnya yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Susan menyelesaikan jenjang sarjana di Harvard University pada tahun 1990 dan menerima gelar master ekonomi setelah menyelesaikan studi di University of California pada tahun 1993. Tak puas dengan 2 gelar pertamanya, Susan juga memperoleh gelar master di bidang administrasi bisnis pada tahun 1998.

Mengejar Impian Hingga ke Jabatan Tertinggi di Youtube

Pemilihan Susan sebagai CEO Youtube periode 2014 telah melalui proses pemikiran dan seleksi yang sangat panjang. Karena prestasinya yang sangat gemilang di perusahaan Youtube, tak heran jika wanita yang satu ini kemudian dipercaya untuk memegang kepemimpinan tertinggi pada perusahaan berbasis teknologi tersebut. Melalui masa kepemimpinannya di divisi iklan perusahaan Youtube, Susan berhasil meningkatkan pendapatan Youtube hingga mencapai angka US$ 5.6 milyar di tahun 2013.

Disamping berhasil meningkatkan pendapatan perusahaan melalui iklan, Susan Wojcicki juga berhasil mengupayakan sistem navigasi Youtube yang lebih ergonomis dan nyaman. Sistem navigasi tersebut membuat Youtube semakin diminati dan digemari oleh para viewers dari seluruh penjuru dunia.

Selain itu, Susan juga mengeluarkan gagasan mengenai penggunaan iklan AdSense  dan AdWords yang juga menguntungkan pihak pencipta dan penerbit konten-konten online. Hal ini tentu membuat relasi antara Youtube dan rekan-rekan lainnya terjalin sangat baik dan saling menguntungkan.

Susan mengaku bahwa ia sangat senang dan antusias selama bekerja di komunitas perusahaan Youtube. Ia bisa saling berbagi ide dan pengalaman dengan orang-orang yang kreatif serta dapat bekerjasama menciptakan berbagai inovasi positif bagi kemajuan perusahaan. Melalui akun Google+ miliknya, Susan menyatakan bahwa ia akan belajar lebih lanjut mengenai keseluruhan ekosistem dan ruang lingkup pencapaian Youtube. Ia akan senantiasa mengupayakan hal-hal kreatif dan inovatif untuk memajukan Youtube menjadi perusahaan yang lebih berkualitas lagi.

Karena dedikasinya yang besar pada dunia teknologi, Susan pernah dianugerahi gelar sebagai salah satu “50 most powerful women in business” versi majalah Fortune pada tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013. Selain penghargaan dari majalah Fortune, Susan juga pernah memperoleh beberapa penghargaan lainnya.

Sosok Susan Wojcicki yang sukses memotori pergerakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia menjadi suatu motivasi bagi kita dan orang lain untuk senantiasa maju dan berinovasi. Dedikasi yang besar pada minat dan bakatakan membuat kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih berpengalaman dan lebih baik lagi.

Jadi, jangan pernah bosan dan jangan pernah lelah untuk mengikuti hasrat dan passion dari dalam diri kita. Karena sesungguhnya tidak ada yang lebih menyenangkan selain dari sebuah hobi yang dibayar dan dapat menghasilkan pundi-pundi kekayaan.

Tekun, belajar dan jangan mudah menyerah adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Memang tidak mudah menggapai sebuah kesuksesan, ada harga mahal yang harus dibayar, yaitu sebuah perjuangan yang keras. Tetapi yakinlah, jika setiap rintangan dan halangan bisa kita lalui dengan perjuangan dan dibantu dengan doa semua tidak ada yang tidak mungkin.

Artikel ini telah tayang di http://maxmanroe.com dengan judul “Susan Wojcicki ~ Wanita Tangguh Sang CEO Youtube yang Baru”, https://www.maxmanroe.com/susan-wojcicki-wanita-tangguh-sang-ceo-youtube-yang-baru.html

Baca juga: Isabel Mahe, Sosok Dibalik Teknologi Wireless Produk Apple

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *