James Gosling, Bapak Bahasa Pemrograman Java

Teknologi.id – James A. Gosling, O.C., Ph.D. (lahir 19 Mei 1955 dekat Calgary, Alberta, Kanada) adalah seorang developer terkenal, yang dijuluki sebagai bapak bahasa pemrograman Java.

Pada tahun 1977, James Gosling menerima B.Sc di bidang Ilmu Komputer dari University of Calgary. Pada tahun 1983, ia memperoleh gelar Ph.D di bidang Ilmu Komputer dari Carnegie Mellon University, dan tesis doktornya berjudul “The Algebraic Manipulation of Constraints”. Saat bekerja menuju doktornya, ia menulis versi emacs (gosmacs), dan sebelum bergabung dengan Sun Microsystems ia membangun versi multi-prosesor Unix saat di Carnegie Mellon University, serta beberapa compilers dan sistem mail.

Sejak 1984, Gosling telah bersama Sun Microsystems, dan umumnya dikenal sebagai pendiri bahasa pemrograman Java.

Java adalah bahasa pemrograman dan perangkat yang  diciptakan oleh James Gosling dan teman-temannya  pada tahun 1994. Java pada awalnya diberi nama Oak dan dikembangkan sebagai bagian dari Green Project  di Perusahaan Sun. Penulisan Java dimulai pada Desember 1990. Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling berusaha untuk mencari tahu “gelombang selanjutnya” dalam ilmu komputasi.

Terinspirasi dari biji kopi

Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “Bapak Java”, James Gosling. Oak tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

James Gosling umumnya dikreditkan sebagai penemu bahasa pemrograman Java pada tahun 1991. Dia melakukan desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli dan mesin virtualnya. Untuk pencapaian ini ia terpilih untuk Akademi Teknik Nasional Amerika Serikat. Dia juga telah memberikan kontribusi besar untuk beberapa sistem perangkat lunak lain, seperti NeWS dan Gosling Emacs. Dia juga menulis “bundel” program, utilitas yang sangat rinci dalam buku Brian Kernighan dan Rob Pike, The Unix Programming Environment.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *