Frederick McKinley Jones, Pembuat Unit Pendingin pada Perang Dunia II

Teknologi.id – Frederick McKinley Jones lahir pada 17 Mei 1893 dan wafat diusia 67 tahun pada 21 Februari 1961. Jones adalah pemenang National Medal of Technology dan masuk dalam National Inventors Hall of Fame.

Inovasinya adalah alat pendingin atau sistem kontrol suhu transportasi untuk truk, trailer, kontainer kapal dan mobil kereta api serta sistem HVAC untuk aplikasi bus, shuttle, dan rel penumpang. Perusahaannya, Thermo King, juga memproduksi hybrid idle reduction “TriPac” yang sangat sukses dan sistem manajemen suhu untuk kabin truk.

Masa kecil Frederick mungkin sedikit kelam, ia menjadi yatim pada usia 7 tahun dan dibesarkan oleh pastor Katolik di Cincinnati. Dia meninggalkan sekolah setelah kelas 6 sekolah dasar.

Ia yang memiliki kemampuan mekanis alami dan pikiran inventif dengan belajar mandiri dan kemajuan melawan rintangan itu terlihat ketika melakukan perjalanan bekerjanya. Diusia 11 tahun ia menjadi tukang bersih-bersih dan pada usia 14 tahun ia bekerja menjadi montir.

Belajar dari bekerja

Mulai dari berpindah-pindah tempat, dan mengambil hikmah serta pembelajaran dari pekerjaannya menjadi montir, Jones belajar elektronik sendiri dan membangun pemancar untuk stasiun radio baru di kota. Ia juga menemukan perangkat untuk menggabungkan suara dengan gambar bergerak. Hal ini menarik perhatian Joseph A. Numero dari Minneapolis, Minnesota, yang mempekerjakan Jones pada 1930 untuk memperbaiki peralatan suara yang dibuat oleh perusahaannya, Cinema Supplies Inc.

Sekitar tahun 1938, Jones merancang unit pendingin udara portabel untuk truk yang membawa makanan yang mudah rusak,  dan mematenkannya pada 12 Juli 1940. Numero menjual bisnis peralatan suara filmnya ke RCA dan membentuk perusahaan baru bermitra dengan Jones, Thermo Control Company.

Unit pendingin portabel yang dirancang oleh Jones sangat penting selama Perang Dunia II. Digunakan untuk mengakomodasi penyaluran darah, obat-obatan, dan makanan untuk digunakan di rumah sakit tentara dan di medan perang terbuka.

Perjuangannya ini tak sia-sia. Dengan memenangkan 61 paten pada tahun 1944 ia menjadi orang Amerika Afrika pertama yang terpilih menjadi anggota American Society of Refrigeration Engineers. Dan pada tahun 1950 ia dipercaya menjadi konsultan di Departemen Pertahanan AS dan Biro Standar.

(DWK)

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *