Comrades, Hadir Sebagai Solusi Permasalahan HIV/AIDS di Indonesia.

Comrades, kombinasi aplikasi android, smartwatch dan perangkat IOT hadir sebagai solusi permasalahan HIV/AIDS di Indonesia.

Halo, para Hackers!

Pada segment #sosokteknologi di #kamisinspirasi kali ini Teknologi.id mendapatkan kesempatan bertemu dengan salah satu mahasiswa universitas di Bandung, yaitu Ramdhan Rizki Jamaludin. Ramdhan merupakan mahasiswa semester 6 di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), yang saat ini tergabung ke dalam Codelabs yaitu sebuah organisasi yang berfokus pada riset dan kompetisi berkaitan dengan perangkat lunak. Bagi kalian yang punya minat yang sama dengan Ramdhan atau sedang dalam proses mencari passion, Yuk kita simak cerita pengalaman menariknya!

Kini, Ramdhan dan timnya sedang mengembangkan Comrades yaitu sebuah perangkat lunak yang membantu mengatasi permasalahan HIV/AIDS. Bersama dengan timnya, ia menemukan berbagai permasalahan seperti banyaknya masyarakat tidak mengetahui fakta yang benar mengenai HIV/AIDS, sehingga masyarakat termakan akan mitos yang tidak benar, hal ini akan menyebabkan stigma terhadap pengidap HIV AIDS. Selain itu masyarakat sering merasa malu dan bingung untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai HIV AIDS, dan orang dengan HIV AIDS (ODHA) seringkali lupa untuk mengkonsumsi obat ARV.

Melalui Comrades, kombinasi antara Aplikasi Android, Smartwatch Apps dan juga perangkat IOT, HealBox sebuah kotak obat pintar diharapkan pengguna dapat memperoleh informasi yang valid mengenai HIV AIDS tanpa perlu malu untuk bertanya. Dengan bekerja sama dengan komunitas, informasi yang disajikan telah terverifikasi dan pengguna pun dapat melakukan konsultasi dengan CORA (Comrades Assistant), chatbot Comrades.

Selain itu, pengguna pun dapat memanfaatkan salah satu fitur pengingat waktu minum obat ARV baik dari aplikasi, smartwatch maupun HealBox. Disamping itu, Ramdhan dan tim mendapatkan dukungan dari masyarakat luas yang disampaikan melalui twitter ODHA, berupa tweet positif yang telah tersaring teknologi Big Data. Fitur yang diberikan oleh Comrades tidak hanya sebatas itu saja, masih banyak lagi yang dapat dinikmati. Bagi yang penasaran langsung saja mendownload aplikasi Comrades pada Google Play Store atau dapat mengunjungi website ini.

CodeLabs sendiri sudah membuat beragam produk yang dapat dinikmati dan dicoba pada perangkat Android maupun IOS. Di antaranya adalah Tanah Airku sebuah media pembelajaran mengenai budaya lewat AR/VR, Sellution (Tools media analytic yang membantu online marketer dalam mempromosikan produknya).

Selain peran aktifnya dalam mengerjakan proyek, ia pun bercerita bahwa dia bersama tim Codelabs turut aktif mengikuti beberapa perlombaan diantaranya :

  1. Imagine Cup 2017 – Semifinal top 15 nasional
  2. AICTA (ASEAN ICT Awards) – Perwakilan Indonesia pada kompetisi AICTA tahun 2017
  3. BNI Hackathon Wilayah Bandung – Juara favorit tahun 2017
  4. Telkomsel Next Dev 2017 – Runner UP kategori E-Health
  5. Startup GP 2017 – Juara 2 Apps Pitching
  6. Gemastik 9 – Juara 2 kategori pengembangan perangkat lunak tahun 2016
  7. APICTA (Asia Pacific ICT Alliance Awards) – Top 8 kategori E-Inclussion tingkat Asia tahun 2016

Kompetisi terakhir yang diikuti oleh tim Comrades adalah Telkomsel Next Dev 2017, Ramdhan dan teman-temannya berhasil meraih posisi runner up di kategori E-Health. Sebagai pemenang di kompetisi telkomsel tersebut tim mendapatkan management trip ke singapura. Kegiatan dalam management trip diantaranya mengunjungi beberapa perusahaan besar seperti Google dan Shopee serta dipertemukan dengan berbagai startup dan investor. Melalui kegiatan itu tim mendapatkan insight seperti kultur dan ekosistem startup di singapura serta berbagai strategi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan startup di Indonesia.

Kedepannya, Ramdhan dan tim akan terus meningkatkan kualitas serta fungsionalitas dari setiap produk yang di buat. Untuk Comrades sendiri, mereka sedang menyiapkan pembaharuan berupa perbaikan UI dan perubahan konsep aplikasi menjadi chat bot untuk mempermudah pengguna berinteraksi dengan fitur yang terdapat pada comrades yang akan segera rilis di perangkat Line. Selanjutnya mereka akan merubah konsep aplikasi comrades sekarang menjadi chatbot dan terus memperbaiki design produk Healbox, yang saat ini masih dalam bentuk prototype. Dan tentu saja menambah kerja sama dengan berbagai komunitas peduli HIV/AIDS di Indonesia,selain dengan komunitas Graha dan Rumah Cemara di Bandung. (yk)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *