Menarik, Akun Microsoft Kini Bisa Sepenuhnya Tanpa Password

Nadine Azahra Prasetyo . September 16, 2021


Foto: Microsoft


Teknologi.id – Microsoft kini telah membuatmu mampu menghapus kata sandi dari akun-akun Microsoft untuk mendukung fitur passwordless. Mulai hari ini, Microsoft memungkinkan penggunanya untuk masuk ke dalam akun Microsoft dengan aplikasi Microsoft Authenticator, Windows Hello, security key, atau kode verifikasi yang dikirimkan ke SMS atau email dibandingkan dengan kata sandi. 


Opsi untuk masuk ke akun Microsoft tanpa kata sandi ini tiba beberapa bulan setelah Microsoft mulai mengeluarkan autentikasi tanpa kata sandi untuk pengguna komersial pada bulan Maret lalu, untuk membantu orang-orang menyesuaikan diri dengan bekerja jarak jauh. Microsoft telah mengerjakan masa depan tanpa kata sandi selama bertahun-tahun, dan keberadaan pandemi mempercepat proses mereka.  


Hal ini merupakan kemajuan besar bagi ambisi Microsoft dalam membuat fitur tanpa kata sandi, setelah perusahaan tersebut meluncurkan security keys pada tahun 2018 dan membuat Windows 10 tanpa kata sandi pada tahun 2019 lalu. Berdasarkan data Microsoft, lebih dari 200 juta pengguna komersial telah menggunakan opsi passwordless ini. 


Proses untuk menghapus kata sandimu juga cukup sederhana. Kamu akan membutuhkan aplikasi Microsoft Authenticator yang terinstal di ponselmu, dan juga terhubung dengan akun Microsoft milikmu. Setelah proses tersebut selesai, kamu dapat mengunjungi website account.microsoft.com dan memilih opsi keamanan yang advanced, dan kemudian membolehkan akun passwordless di bagian keamanan tambahan (additional security). Setelah melakukan hal ini, kamu akan diperlukan untuk menyetujui perubahan tersebut melalui aplikasi Authenticator di ponselmu, dan setelahnya akunmu akan secara resmi tidak memiliki kata sandi. Tenang saja, bila kamu lebih tenang dengan kata sandi, maka kamu selalu bisa mengubah pengaturan ini dan mengembalikan kata sandi kapanpun yang kamu mau.


(NAP)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler