Takut Disuntik? Ilmuan Tengah Siapkan Vaksin Berbentuk Pil

Cahya Febriansyah . March 27, 2021

Foto : Detik

Teknologi.id - Vaksinasi COVID-19 sudah dimulai sejak bulan Januari lalu, orang yang pertama kali disuntik vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo. Pada saat yang sama, sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksinasi.

Namun, tidak sedikit orang yang ternyata takut pada jarum suntik. Kabar baik Oravax, perusahaan yang memproduksi vaksin COVID-19 tengah menciptakan vaksin dalam bentuk pil dan kini dijadwalkan memasuki tahap pertama uji klinis pada manusia tahun ini. 

Oravax, perusahaan yang mengerjakan vaksin tersebut, mengumumkan melalui siaran pers bahwa mereka berharap bisa memulai uji klinis tahap pertama ini di bulan Juni 2021. Akan tetapi ini hanyalah langkah pertama dari pengembangan dan juga belum ada jaminan akan keberhasilan, dan meskipun berhasil, butuh waktu setidaknya satu tahun atau lebih untuk diizinkan untuk digunakan.

Baca Juga : Ini Syarat Golongan Anak Muda Jika Ingin Disuntik COVID-19

Oravax adalah usaha gabungan dua firma, yakni perusahaan Israel-Amerika Oramed dan perusahaan India Premas Biotech. Menurut keduanya, vaksin oral berpotensi memungkinkan orang untuk mengambil sendiri vaksin tersebut di rumah.

"Vaksin tersebut dapat dikirim dalam lemari es biasa dan disimpan pada suhu kamar, sehingga lebih mudah secara logistik untuk mendapatkannya di mana pun di seluruh dunia" ujar CEO Oravax, Oramed Nadav Kidron.

Menanggapi berita ini, Prof Paul Hunter, Profesor Kedokteran di University of East Anglia, mengingatkan untuk tetap berhati - hati dalam pengembangan vaksin oral ini.

"Kita membutuhkan studi yang benar untuk membuktikan manfaat vaksin oral. Tapi vaksin semacam ini mungkin juga bermanfaat bagi orang yang fobia jarum suntik, dan cara ini mungkin bisa lebih mudah dan lebih cepat untuk diberikan" cakapnya.

(cf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar