Siapakah Bjorka Sebenarnya? Ternyata Orang Indonesia?

Aji Reza Mahendra . September 15, 2022

Foto: Radarcirebon.disway.id

Teknologi.id - Identitas asli Bjorka masih menjadi pertanyaan banyak orang. Banyak orang yang mencoba mengungkap siapa Bjorka sebenarnya. 

Salah satu yang berusaha mengungkap siapa Bjorka sebenarnya adalah akun Instagram @volt_anonym, ia menduga Bjorka adalah seorang bernama Muhammad Said Fikriansyah, pemuda asal Cirebon.

Di dalam unggahannya tersebut menunjukkan bahwa data yang diambil dan disebar oleh Bjorkan hanya lah salinan dari pencurian data yang lain.

"Data yang katanya 133M dari meretas Kominfo tidak lebih isinya cuma 200 data saja dan itu pun di copy sehingga banyak data yang sama seolah-olah data yang dia curi sebanyak 133M padahal cuma 200 an. Ini sama saja data dump (sampah) yang sudah banyak kadaluarsa. Ngaku gak lu!!! @muhammadsaidfikriansyah. Data lu sama data bjorka sama," tulis akun @volt_anonym, dikutip Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Marak Peretasan, Erick Thohir Ajak Hacker Lokal Bantu Lindungi Data RI

Nama Bjorka belakangan ini memang membuat heboh ruang digital Indonesia. Ia mendoxing satu per satu data para pejabat dan lembaga publik maupun pemerintah.

Namun apakah benar pemuda asal Desa Klayan, Cirebon tersebut adalah Bjorka? Said sudah angkat bicara soal hal ini.

Ia berkata baha tidak habis pikir dirinya sampai dituduh sebagai Bjorka. Padahal, ia hanya seorang video editor dan bukan hacker namun bisa-bisanya dituduh sebagai Bjorka.

“Saya aktivitasnya nonton Youtube, makan. Ngedit video jarang-jarang,” tutur Said, di rumahnya yang ada di Desa Klayan, dikutip dari Radarbandung.id, Rabu, 14 September 2022.

Said sekali lagi menegaskan dirinya sama sekali tidak bisa melakukan peretasan. Karenanya, aneh jika ada tuduhan terkait Bjorka. Atas tuduhan dari @volt_anonym, Said sudah menghubungi Polres Cirebon Kota untuk meminta pendampingan agar dapat dibantu menyampaikan klarifikasi.

Baca juga: Mahfud MD: Gambaran Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi oleh BIN dan Polri

Sebelumnya, dugaan identitas Bjorka juga sempat diumbar oleh Voltcyber-V2 yang menyebutkan Bjorka adalah warga Kota Cirebon dan bekerja sebagai video editor. Dalam unggahanannya tersebut juga terdapat foto rumah hingga seorang wanita yang diduga kekasihnya.

Namun setelah dicek, foto rumah unggahan Voltcyber-V2 tidak mirip dengen kediaman milik Muhammad Said Fikriansyah, bahkan sangat berbeda. 

Saat ditemui wartawan, Muhammad Said Fikriansyah kembali menegaskan sekali lagi bahwa dirinya hanya editor video dan bukan hacker, karenanya sangat mengherankan dituduh sebagai Bjorka.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar