Sering Lupa Kata Sandi Akun Instagram? Begini Cara Melihatnya!

Hayuni Alfiana P. . May 22, 2023

Foto: Pixabay

Teknologi.id - Kata sandi merupakan bagian penting yang tak boleh dilupakan, namun banyak orang sering melupakannya. Nah, begini cara melihat kata sandi IG kamu. Sebenarnya ketika pengguna lupa kata sandi IG, maka dengan mudah kamu bisa membuat kata sandi baru dengan memilih opsi lupa password dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang diberikan. Namun, tak jarang pengguna yang memilih untuk tidak mengganti kata sandinya. Oleh karena itu, cara ini bisa dijadikan sebagai solusi. 

Sayangnya, cara yang diberikan ini hanya dapat digunakan ketika akun kamu belum keluar dari aplikasi Instagram. Jadi, jika akun kamu sudah keluar maka cara ini tidak bisa digunakan lagi. Namun, sebagian besar pengguna menyimpan password atau kata sandi mereka di perangkat utama dengan meng-klik pilihan kata sandi pada pengaturan ponsel kamu.

Seperti yang diketahui, Google memiliki Pengelola Kata Sandi untuk menyimpan beberapa kata sandi akun dari aplikasi. Manfaatnya agar pengguna bisa melihat Password Instagram yang pernah tersimpan. Tak hanya pengguna Android, pengguna iPhone juga bisa memanfaatkan fitur iCloud untuk melihat password beberapa aplikasi. Pengguna hanya perlu membukanya dengan bantuan pengaturan keamanan seperti Face ID hingga PIN.

Baca Juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara agar dapat mengakses password yang tersimpan di smartphone? Nah, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pengguna Android

  1. Buka pengaturan HP
  2. Klik akun Google
  3. Pilih Kelola Akun Google 
  4. Kemudian pilih Keamanan
  5. Klik Pengelola Kata Sandi
  6. Pilih Instagram
  7. Masuk dengan verifikasi keamanan HO
  8. Klik pilihan Melihat Kata Sandi Instagram

Pengguna iPhone

  1. Buka Pengaturan HP
  2. Klik sub menu Kata Sandi
  3. Masuk dengan Touch ID, Face ID, atay kode sandi perangkat
  4. Masukkan kata sandi 6 digit di iPhone
  5. Tunggu sebentar, lalu muncul pilihan Kata Sandi akan muncul
  6. Klik ikon Instagram
  7. Pilih Instagram.com untuk melihat detail login

Selain dengan memanfaatkan penggunaan penyimpanan sandi di pengaturan Google maupun Cloud, kamu juga bisa melihat kata sandi yang tersimpan melalui laptop atau komputer. Asalkan kamu sudah masuk ke dalam akun Instagram melalui laptop atau komputer tersebut ya. Simak cara lengkapnya di bawah ini:

  1. Di laptop atau komputer, buka Google Chrome
  2. Klik ikon "Tiga Titik" yang ditempatkan secara vertikal dapat ditemukan di sudut kanan atas layar. Cukup klik di atasnya
  3. Setelah mengklik "Tiga Titik", menu tarik-turun akan muncul dengan berbagai opsi untuk diklik
  4. Temukan tautan "Pengaturan" (terletak di bagian bawah menu, lihat tangkapan layar di bawah), dan klik menu tersebut
  5. Pada halaman "Pengaturan", pengguna akan melihat bilah pencarian. Klik di atasnya, dan ketik "Kata Sandi."
  6. Kata sandi akan muncul di hasil Isi secara otomatis. Ketuk di atasnya
  7. Pengguna akan melihat semua kata sandi di halaman berikutnya
  8. Verifikasi kata sandi pada kunci laptop atau komputer untuk melihatnya

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video di Instagram

Instagram sendiri merupakan salah satu aplikasi media sosial populer dan paling banyak digunakan hingga saat ini. Aplikasi tersebut dulunya hanya dapat digunakan untuk membagikan momen yang pengguna miliki dan di unggah ke dalam aplikasi ini melalui bentuk gambar. Namun, sekarang aplikasi ini sudah bertransformasi dengan menambah banyak fitur yang semakin mudah dinikmati pengguna. Misalnya, kini sudah bisa menambahkan video, musik, melakukan siaran langsung, membuat Instagram Stories, mengirim pesan, melakukan panggilan, dan yang terbaru membuat grup broadcast.

Tentu saja dengan diperkaya fitur aplikasi tersebut, banyak pengguna yang memilih untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini agar tidak kalah saing dengan majunya perkembangan dunia maya. Namun, apa jadinya jika kamu pengguna lama atau baru tidak mengingat password di Instagram. Makanya, penting sekali untuk membuat kata sandi yang mudah diingat dan tak sulit ditebak. Dan jika sudah terlanjur lupa, maka segera ikuti langah-langkah yang diberikan kalau kamu tidak ingin mengganti kata sandi dengan yang baru.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar