Merek Smartphone yang Menguasai Pasar di Indonesia pada 2023 dari Oppo hingga Infinix

Adnan Algifari . May 30, 2023

Foto: Pixabay/Pexels

Teknologi.id - Smartphone adalah salah satu produk teknologi yang menjadi anjlokan besar bagi peradaban manusia. Segala aktifitas akhirnya bisa dilakukan hanya lewat satu genggaman.

Dengan kemampuannya yang luar biasa, smartphone telah menggabungkan fitur-fitur yang ada dalam berbagai perangkat sebelumnya menjadi satu perangkat yang kompak.

Dari kemampuan panggilan telepon, pesan teks, akses internet, kamera berkualitas tinggi, pemutar musik, pengatur keuangan, dan banyak lagi, smartphone telah menjadi pusat digital yang serbaguna.

Perusahaan-perusahaan smartphone internasional saling bersaing dengan kualitas teknologi teranyar yang ditawarkan di setiap rilisan terbarunya. Indonesia tak ketinggalan menjadi salah satu konsumen terbanyak pengguna smartphone.

Dilansir Teknologi.id dari dataindonesia.id bahwa Counterpoint's Monthly Indonesia Smartphone Tracker menjelaskan tentang penurunan hingga 8,1% pengiriman smartphone ke Indonesia pada kuartal I/2023.

Baca juga: Mengenal 16 Fitur Baru Android 14: Inovasi Baru Untuk Android yang Lebih Seru

Berikut ini telah Teknologi.id rangkum mengenai merek smartphone yang bertahan di Indonesia berdasarkan pangsa pasar pengiriman (shipments market share) pada kuartal I/2023.

  1. Oppo, pangsa pasar pengiriman sebesar 23% (angkanya meningkat dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 22,6%)
  2. Samsung, pangsa pasar pengiriman sebesar 18,3% (angkanya meningkat dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 18,0%)
  3. Vivo, pangsa pasar pengiriman sebesar 17,4% (angkanya menurun dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 21,2%)
  4. Xiaomi, pangsa pasar pengiriman sebesar 12,5% (angkanya menurun dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 14,4%)
  5. Realme, pangsa pasar pengiriman sebesar 11,9% (angkanya meningkat dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 11,2%)
  6. Infinix, pangsa pasar pengiriman sebesar 10,1% (angkanya meningkat dibandingkan kuartal I/2022 yang sebesar 6,8%)

Sebagaimana telah diketahui, bahwa pangsa pasar pengiriman atau shipment market share adalah  persentase penjualan atau total penjualan pasar yang diperoleh perusahaan dalam satu industri tertentu selama periode waktu tertentu pula.

Aplikasi Menjadi Daya Tarik Smartphone

Foto: Pixabay/Pixelkult

Keberadaan aplikasi adalah salah satu daya tarik utama dari smartphone. Dengan jutaan aplikasi yang tersedia di toko aplikasi, pengguna dapat mempersonalisasi perangkat sesuai dengan kebutuhan dan minat.

Aplikasi ini membuka pintu untuk menjelajahi berbagai hiburan, meningkatkan produktivitas, belajar, berbagi momen hidup, dan terhubung dengan teman dan keluarga.

Selain itu, kemajuan dalam teknologi smartphone juga telah membawa perkembangan dalam fotografi mobile. Kamera yang semakin canggih pada smartphone memungkinkan kamu untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi dengan mudah dan praktis. Kemampuan mengedit foto dan berbagi langsung ke platform media sosial membuat smartphone menjadi alat kreatif yang tak tergantikan.

Dan tak ketinggalan, banyak perusahaan-perusahaan besar berdiri karena menciptakan aplikasi yang mampu memudahkan pekerjaan manusia dan banyak yang mengunduh di Play Store atau App Store.

Baca juga: Hindari Panas, Yuk Simak Cara Mencegah HP Overheat Berikut Ini!

Dengan kemajuan aplikasi ini membuat nilai ekonomi sebuah negara, terutama Indonesia bergerak lebih besar dari mulai banyaknya lahan pekerjaan baru, kreatifitas para creator menciptakan content, perusahaan-perusahaan berbasis teknologi mulai berdiri dan lain sebagainya.

Tantangan dari Kehadiran Smartphone

Foto: Pixabay/Schäferle

Namun demikian, semakin canggihnya smartphone juga membawa tantangan baru, seperti kecanduan layar dan masalah privasi. Penting bagi pengguna untuk menggunakan smartphone secara bijak dan seimbang, serta menjaga privasi dan keamanan data pribadi.

Belum lagi, banyak anak kecil yang akhirnya kecanduan gadget dan kurang bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Anak-anak yang dalam masa emas sering terjebak oleh smartphone, karena bisa seharian hanya melakuka aktifitas dengan ponsel pintarnya, dan lebih rumit lagi jika memakai ponsel pintar milik orang tuanya.

Dalam keseluruhan, smartphone telah menjadi jantung dari kehidupan digital. Dengan kemampuannya yang serbaguna dan berbagai fitur yang terus berkembang, smartphone terus mengubah cara berinteraksi dengan dunia di sekitar kamu.

Sebagai perangkat yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, smartphone terus menjadi medium yang menghubungkan kamu dalam menjalani kehidupan modern yang serba terhubung.

Dengan berbagai sisi positif dan sisi negatif yang ditimbulkan dari teknologi smartphone menuntut kamu untuk selalu bijak dalam menggunakannya, apalagi jika telah menginjak dunia media sosial yang menambah tantangan baru untuk dipelajari dan diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(aa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar