Jerman Peringatkan agar Tidak Menggunakan Anti-Virus Rusia

Aliefa Khaerunnisa . March 17, 2022

Jerman Perangkat Lunak Rusia Anti Virus

Foto: euronews

Teknologi.id - Badan keamanan siber Jerman telah menyarankan untuk tidak menggunakan perangkat lunak anti-virus Kaspersky, yang berbasis di Rusia.

Mengingat perang di Ukraina, Kantor Federal untuk Keamanan Informasi (BSI) itu  menerbitkan sebuah pernyataan.

Menurut laporan itu, perusahaan teknologi informasi Rusia mungkin dimata-matai atau didorong untuk melakukan serangan siber.

Peringatan tersebut "dikeluarkan untuk alasan politik," menurut Kaspersky, dan tidak memiliki hubungan dengan pemerintah Rusia.

'Operasi ofensif' adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan operasi militer.

BSI tidak membuat klaim tentang masalah saat ini dengan produk Kaspersky, akan tetapi mereka mengatakan bahwa situasi di Ukraina dan ancaman Rusia terhadap Uni Eropa, NATO, dan Jerman meningkatkan bahaya serangan cyber.


“Produsen TI Rusia dapat melakukan operasi ofensif sendiri, dipaksa untuk menyerang sistem target di luar kehendaknya, atau dimata-matai sebagai korban operasi cyber tanpa sepengetahuannya atau sebagai senjata untuk menyerang pelanggannya sendiri,” ungkapnya menyatakan peringatan ini.


Solusi anti-virus Kaspersky harus diganti dengan alternatif lain, menurut BSI, namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah melemahnya pertahanan.


Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang pada tahun 2017 yang melarang penggunaan perangkat lunak Kaspersky di dalam pemerintahan AS.


Pada tahun yang sama, Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris memperingatkan semua lembaga pemerintah agar tidak menggunakan produk Kaspersky untuk sistem keamanan nasional dalam sebuah surat kepada semua departemen pemerintah.


Baca juga: Irlandia Denda Meta Senilai Rp268 MIliar, Kenapa?

'Resolusi konflik'

"Kami telah memberi tahu manajemen Kaspersky bahwa kami menangguhkan pengaturan sponsor [kami] yang berlaku segera," kata juru bicara Eintracht Frankfurt Axel Hellmann kepada Bloomberg sebagai tanggapan atas peringatan BSI.


"Kami sangat kecewa dengan perkembangannya."


Kaspersky mengatakan akan meminta kejelasan kepada BSI atas keputusannya, yang "tidak didasarkan pada pemeriksaan teknis produk Kaspersky", serta bagaimana mengatasi kekhawatiran BSI.


Hal itu "tidak memiliki hubungan apa pun dengan Rusia atau pemerintah lain mana pun" sebagai perusahaan keamanan siber swasta di seluruh dunia.

Pada 2018, ia memindahkan infrastruktur pemrosesan datanya ke Swiss.


"Pemeriksaan pihak ketiga yang independen telah menegaskan keamanan dan integritas layanan data dan prosedur teknis kami," kata perusahaan tersebut.


"Kami pikir percakapan damai adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah," bunyi pernyataan itu.


"Tidak ada yang diuntungkan dari perang."


Pernyataan serupa yang dibuat oleh pencipta Eugene Kaspersky dua minggu lalu mengundang kecaman luas.


Badan BSI mengatakan bahwa perusahaan keamanan siber yang berbasis di Rusia dapat dipaksa oleh agen pemerintah Rusia untuk meretas sistem TI di luar negeri atau agen dapat secara sembunyi-sembunyi menggunakan teknologinya untuk meluncurkan serangan siber tanpa sepengetahuannya.


Kaspersky mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu adalah perusahaan yang dikelola swasta tanpa hubungan dengan pemerintah Rusia. Dikatakan bahwa peringatan oleh BSI bermotif politik, menambahkan bahwa pihaknya telah menghubungi BSI untuk mengklarifikasi masalah tersebut.


Peringatan BSI datang saat invasi Rusia ke Ukraina meningkat dengan penembakan tentara Rusia di ibu kota Ukraina.


BSI mengatakan bahwa perusahaan Jerman serta lembaga pemerintah yang mengelola infrastruktur penting sangat berisiko terhadap serangan peretasan.


"Kami percaya keputusan ini tidak didasarkan pada penilaian teknis produk Kaspersky - yang terus kami anjurkan dengan BSI dan di seluruh Eropa - tetapi dibuat atas dasar politik," sebuah pernyataan yang diberikan kepada Euronews Next oleh kepala komunikasi perusahaan Eropa. kata Stefan Rojacher.


Sebuah laporan Bloomberg Businessweek tentang keputusan pemerintah AS mengklaim bahwa Kaspersky memiliki hubungan dengan badan intelijen FSB Rusia, dan menuduh perusahaan tersebut telah "mengembangkan teknologi keamanan atas perintah badan mata-mata dan mengerjakan proyek bersama yang CEO tahu akan memalukan jika dipublikasikan".


Pendiri perusahaan Eugene Kaspersky membantah tuduhan pengaruh Kremlin selama sesi AMA Reddit pada Mei 2017.


Ketika ditanya apakah pemerintah Rusia memengaruhi operasi Kaspersky, dia menjawab: "Tidak, tidak dan spekulasi apa pun tentang itu salah, itu adalah teori konspirasi yang tidak berdasar".


Ini bukan pertama kalinya Kaspersky asal Rusia membawa perusahaan keamanan siber di bawah pengawasan.


Pada tahun 2017, pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri di Amerika Serikat memerintahkan departemen pemerintah dan lembaga federal untuk "menghapus dan menghentikan penggunaan saat ini dan di masa depan" dari produk Kaspersky, dengan mengatakan bahwa "risiko yang ditimbulkan oleh produk bermerek Kaspersky" membenarkan langkah tersebut. (aks)


Baca juga: Sering Sebar Propaganda, Firefox Hapus ‘Google’nya Rusia

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar