Gibran Ingin Buat Aplikasi Tandingan Gojek, ini Alasannya

Fabian Pratama Kusumah . December 29, 2021

Foto: Pemprov Jateng

Teknologi.idWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku sempat menegur startup Gojek beberapa waktu lalu.

Teguran tersebut terjadi karena mahalnya biaya pengiriman (delivery fee) yang ditetapkan oleh aplikasi startup decacorn tersebut.

"Kemarin saya tegur itu Gojek. Delivery fee-nya jangan kemahalan karena otomatis juga lama-lama mematikan UMKM kita terutama yang F&B,”

“Kemarin saya tekankan seperti itu," ujar Gibran Dalam diskusi bertajuk "Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan dalam Ekosistem UMKM dan Ekonomi Hijau".

Gibran juga mengatakan, Pemerintah Kota Solo tak takut ditinggal Gojek. Pihaknya mengaku bisa saja membuat aplikasi serupa.

Ia ingin kolaborasi Pemkot Solo dengan Gojek berdampak positif untuk UMKM.

"Pemkot Solo ini punya kekuatan untuk membuat aplikasi serupa sendiri. Jadi saya enggak takut ditinggal mereka, tapi tidak menutup kemungkinan kolaborasi dengan mereka," ujarnya.

Baca juga: MyAvin, Pesaing Gojek Grab Kebanggaan Kota Solo

Gibran mengungkapkan selama masa pandemi Covid-19 sangat memperhatikan para UMKM. Pemkot melakukan pendampingan dan pelatihan dari a-z untuk mendorong bisnis berkembang.

"Ini tugas kita untuk mendampingi mereka dari a sampai z dan ini sekarang progresnya luar biasa sekali, dan dulu ketika masa-masa kampanye banyak sekali anak-anak muda, ibu-ibu rumah tangga, ibu-ibu PKK itu yang mengeluh Solo perlu ditambah untuk kreatif hub-nya,”

“Sekarang sudah banyak sekali, jadi semua e-commerce sudah punya kantor di Solo, sudah bikin tempat-tempat untuk inkubasi," ujarnya.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar