Elon Musk Rilis Starlink Mini Portabel, Harga Rp9,8 Juta

Teknologi.id . June 24, 2024
starlink mini
Foto: Starlink


Teknologi.id - SpaceX baru saja meluncurkan Starlink Mini, perangkat internet portabel dari Elon Musk yang memiliki ukuran lebih kecil dan bisa dimasukkan ke dalam ransel.

Dilaporkan oleh Teslarati pada Sabtu (22/6/2024), penjualan Starlink Mini telah dimulai untuk beberapa pelanggan setia. Namun, harga awal Starlink Mini ternyata lebih mahal dari perkiraan.

Berdasarkan email peluncuran dari SpaceX yang dibagikan oleh pengguna X, Kenneth K, Starlink Mini dibanderol dengan harga US$599 atau sekitar Rp9,87 juta (dengan kurs Rp16.477 per dolar AS).

 

Sebelumnya, Elon Musk telah memberikan sedikit bocoran tentang Starlink Mini Dish. Ia mengisyaratkan bahwa perangkat baru ini akan diluncurkan di beberapa area tertentu dalam beberapa bulan mendatang.

Di akun resminya di X pada Sabtu (22/6/2024), Starlink mengungkapkan bahwa Starlink Mini kini tersedia di Kolombia, Panama, El Salvador, dan Guatemala.

 

Elon Musk juga menyebutkan bahwa harga Starlink Mini Dish akan setengah dari harga Standard Dish Kit. Namun, email yang diterima Kenneth K menunjukkan bahwa Starlink Mini Dish Kit dijual mulai dari US$599, atau sekitar Rp1,64 juta lebih mahal dari harga Standard Dish Kit.

Dalam email dari SpaceX, dijelaskan bahwa tujuan perusahaan adalah menurunkan harga Starlink, terutama bagi negara-negara yang konektivitasnya masih terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

“Namun, di wilayah dengan penggunaan tinggi, di mana Starlink Mini menambah permintaan pada jaringan satelit, kami menawarkan Starlink Mini Kit dalam jumlah terbatas mulai dari US$599,” jelas SpaceX dalam email tersebut.

Baca juga: Rencana Starlink Bakal Dipasang di Lorong-lorong Makassar Dinilai Kurang Efektif?

Dengan Starlink Mini Dish Kit, pelanggan Starlink bisa menggabungkan layanan Mini Roam SpaceX dengan Paket Layanan Perumahan yang sudah ada dengan tambahan biaya US$30 per bulan (sekitar Rp494.326). Sedangkan Paket Layanan Perumahan Standar dikenakan biaya US$120 per bulan (sekitar Rp1,97 juta) untuk data tak terbatas.

Jika digabungkan dengan Paket Layanan Mini Roam, pelanggan Starlink akan membayar sekitar US$150 per bulan (sekitar Rp2,47 juta). Paket Layanan Mini Roam Starlink menyediakan data seluler sebesar 50 GB yang bisa digunakan di mana saja di AS. SpaceX akan mulai mengirimkan Starlink Mini Dish Kit bulan depan. Namun, Starlink Mini Dish Kit dan Paket Layanan Mini Roam hanya tersedia melalui undangan khusus.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar