Daihatsu Rocky Hybrid akan Dirilis pada Tahun 2021

Fabian Pratama Kusumah . January 26, 2021

Foto: otodriver

Teknologi.id - Daihatsu berencana untuk meluncurkan SUV kompak hibrida pada tahun 2021. Versi lebih ramah lingkungan dari Rocky konvensional ini, akan menggunakan teknologi yang dikembangkan bersama perusahaan induknya, Toyota Motor Corporation (TMC).

Pemerintah Jepang mengumumkan sebuah target yang ambisius yakni sepenuhnya menghentikan penjualan kendaraan bertenaga bensin pada pertengahan 2030-an. Langkah tersebut, menjadi bagian dari green growth strategy Perdana Menteri, Yushihide Suga.

Melansir Liputan6, seorang Profesor di Universitas Tokyo, Yukari Takamura mengatakan, pemerintah Jepang telah menetapkan target yang ambisius untuk menetralkan polusi karbon pada 2050.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS Hadirkan Teknologi dan Fitur Terbaru

Untuk diketahui, saat ini Daihatsu merupakan satu-satunya produsen mobil terbesar di Jepang yang hanya memasarkan mobil bermesin bensin saja.

Artinya, Daihatsu belum memiliki mobil ramah lingkungan seperti hybrid maupun plug in hybrid. Sebelumnya, Daihatsu pernah memasarkan Hijet hybrid pada 2010, tapi jumlahnya tidak banyak.

Belum ada konfirmasi mengenai harga Daihatsu Rocky hybrid ini, namun diperkirakan akan lebih mahal dibanding versi konvensional.

Baca juga: Spesifikasi Ferrari 458 Speciale yang Dilelang Rp6,4 Miliar

Meskipun lebih mahal, konsumen dapat menghemat biaya bahan bakar karena diklaim lebih irit sekitar 20 sampai 30 persen dibanding versi bensin.

Rumor masuknya Daihatsu Rocky ke Indonesia sebenarnya sudah beredar sejak awal 2020 dari penyataan Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani.

“Daihatsu Rocky produk kedua dari DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang akan disebut Rocky A-SUV, direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” ungkap Ashitani dalam kata sambutannya di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, Februari lalu dikutip dari viva.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Facelift akan Dirilis di Indonesia?

Ada beberapa fitur terbaru yang dibawakan Daihatsu Rocky ini, yaitu Daihatsu New Generation Architecture (DNGA).

Selain itu mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi keamanan Smart Assist System untuk menghindari tabrakan.

Soal ukuran, Daihatsu Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm sementara tingginya 1.620 mm. Bila membandingkan dengan Terios tentu mobil ini lebih kecil.

Daihatsu Rocky dibekali mesin 1.000 cc berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96 HP pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.000 Rpm.

Belum diketahui apakah versi hybrid akan memiliki dimensi ukuran atau dapur pacu yang berbeda, menarik untuk ditunggu.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar