Contoh Poster Pendidikan, Pengertian dan Fungsinya

DomaiNesia . April 16, 2021

Foto: YouTube Doni Studio

Jika biasanya poster digunakan sebagai media marketing suatu perusahaan atau yang lebih dikenal dengan nama poster niaga. Tapi ternyata jenis dan tujuan dibuatnya poster jauh lebih beragam dari sekedar sebagai sarana pengenalan dan pemasaran produk atau jasa.

Salah satu jenis poster yang cukup banyak dijumpai adalah poster pendidikan. Konsep pembuatannya tidak berbeda dengan jenis poster lain, yakni desain grafis yang memadukan gambar dan huruf atau kata-kata yang sifatnya mendidik/informatif.

Dewasa ini, para desianer grafis juga sudah lebih kreatif dalam membuat poster pendidikan. Seperti poster pendidikan dengan tema lingkungan, karakter kartun, dan masih banyak lainnya.

Contoh-contoh poster pendidikan pun sudah sangat mudah ditemukan melalui internet, termasuk di bawah ini.

Pengertian Poster Pendidikan

Sebelum mengulik lebih dalam, sebelumnya Anda perlu tahu apa itu poster pendidikan. Poster pendidikan adalah desain visual yang memadukan gambar dan tulisan, serta memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan atau informasi tertentu yang bersifat positif.

Berbeda dengan poster niaga, poster pendidikan ini dibuat tanpa tujuan komersial. Sehingga kata-kata yang digunakan umumnya hanya berupa informasi atau perintah. Penggunaan bahasanya pun santun dan singkat, sehingga mudah dipahami masyarakat umum.

Fungsi Poster Pendidikan

Tentunya pemasangan poster pendidikan di berbagai tempat bukan tanpa alasan. Benar sekali, poster pendidikan ini dibuat dengan fungsi tertentu, seperti:

1. Untuk Memberi Edukasi pada Masyarakat

Poster pendidikan umumnya ditujukan pada masyarakat luas. Tujuannya ialah untuk mengedukasi atau memberi informasi terkait suatu topik pada masyarakat. Contoh poster pendidikan yang umum ditemukan di lingkungan masyarakat adalah poster “biasakan mengantri”, “buanglah sampah pada tempatnya”.

2. Sebagai Pengingat

Terkadang, masyarakat cenderung sulit diingatkan melalui lisan. Oleh sebab itu, poster pendidikan ini bisa jadi solusi yang menarik. Dengan kata-kata santun dan jelas yang tertulis pada poster, masyarakat seakan diingatkan secara halus.

Ditambah lagi dengan gambar-gambar penuh makna yang digunakan pada poster tersebut.

Baca juga : pembuatan kardus paling murah di jakarta

Kelebihan Poster Pendidikan

Di tengah maraknya edukasi melalui media digital, seperti iklan layanan masyarakat di TV, media sosial dan lain sebagainya. Di beberapa tempat, ternyata poster pendidikan masih banyak dijumpai.

Hal ini menunjukkan jika poster pendidikan memiliki kelebihan tersendiri, seperti:

1. Mudah Dipahami

Umumnya, poster pendidikan menggunakan kata-kata yang singkat dan santun. Tujuannya tidak lain adalah, agar masyarakat lebih mudah memahami pesan yang disampaikan poster tersebut.

Selain itu, pemilihan gambar simbolik dan penuh makna juga digunakan untuk mempertegas pesan tersirat yang terkandung di dalamnya.

2. Bisa Dipasang di Mana Saja

Berbeda dengan pesan edukasi yang disampaikan melalui media digital, di mana masyarakat hanya bisa melihatnya ketika mengakses perangkat digital masing-masing.

Namun poster pendidikan ini bisa dipasang dan ditemui di mana saja. Mulai dari fasilitas umum, jalanan, restoran, rumah sakit dan masih banyak lainnya.

Contoh poster pendidikan yang mungkin sering Anda temukan yaitu di rumah sakit, seperti edukasi untuk selalu menjaga kebersihan.

3. Biaya Pembuatan Relatif Murah

Dibanding harus menayangkan pesan edukasi melalui media digital, biaya yang dikeluarkan untuk membuat poster pendidikan cenderung lebih murah. Terlebih lagi, jika Anda bisa membuat desainnya sendiri, sehingga budget yang dibutuhkan hanya untuk keperluan pencetakan dan pemasangannya saja.

Meski begitu, tetapi Anda tetap harus memperhatikan kualitas kertas yang digunakan. Sebaiknya, pilih kertas yang awet dan tidak mudah rusak ketika terkena air. Sebab poster biasanya dipasang di area terbuka.

4. Menjangkau Berbagai Lapisan Masyarakat

Walaupun smartphone murah sudah sangat marak di pasaran, namun tak bisa dipungkiri jika tidak semua masyarakat mampu membelinya. Bagi mereka yang sudah lanjut usia juga mungkin memiliki keterbatasan kemampuan untuk mengoperasikan ponsel pintar.

Nah, poster digital yang dipasang di sarana umum dan lingkungan tempat tinggal warga ini memudahkan berbagai lapisan masyarakat mendapatkan pesan edukasi.

Kekurangan Poster Pendidikan

Ternyata, media cetak dua dimensi ini masih memiliki sejumlah kekurangan yang sangat disayangkan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Audiens Terbatas

Seperti yang Anda tahu, jika poster biasanya hanya dipasang pada beberapa titik saja. Artinya, tidak semua orang bisa melihat dan menangkap pesan yang disampaikan melalui poster pendidikan tersebut, khususnya mereka yang tidak pernah melewati/tinggal di kawasan tersebut.

Berbanding terbalik dengan pesan edukasi yang disampaikan melalui media digital. Yang mana audiensnya tidak terbatas. Seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah bisa menyaksikan atau membaca pesan edukasi yang disamapikan secara digital.

2. Masa Guna Poster Cepat

Meskipun Anda sudah memilih kertas dengan kualitas baik, bahkan anti air. Namun masa guna poster jauh lebih cepat dibanding media edukasi digital. Selain rusak karena cuaca, poster yang dipasang di jalanan juga sangat rentan rusak karena tangan jail orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun ketika Anda menggunakan media digital sebagai sarana edukasi, maka tidak ada batas masa guna. Selama softfile-nya masih Anda simpan, maka Anda masih bisa menyebarkannya tanpa membuat file baru.

Jadi, selain memiliki kelebihan yang tidak sedikit, poster pendidikan juga masih memiliki nilai minus.

Baca juga : cetak nota termurah di jakarta

Contoh Poster Pendidikan

1. Poster Buanglah Sampah pada Tempatnya

Salah satu contoh poster pendidikan yang paling banyak dijumpai di tempat umum adalah “buanglah sampah pada tempatnya”. Poster ini biasanya akan dilengkapi dengan gambar orang membuang sampah pada tong sampah.

Gambar ini mempresentasikan bagaimana masyarakat harus memperlakukan sampah, sehingga tidak mencemari lingkungan.

2. Poster Buku Adalah Jendela Dunia

Selain banyak dijumpai di lembaga pendidikan, contoh poster pendidikan seperti di atas juga akan banyak Anda temui di perpustakaan umum. Bukan sekedar slogan, namun kalimat “Buku adalah jendela dunia” merupakan suatu edukasi pada masyarakat agar gemar membaca buku.

Melalui buku yang mereka baca, pengetahuan tentang dunia bisa didapatkan.

3. Poster Carilah Ilmu Sampai ke Ujung Dunia

Tidak ada batasan dalam mencari ilmu, baik batasan umur maupun jarak. Seperti yang disampaikan melalui contoh poster pendidikan di atas. Di mana masyarakat diedukasi untuk terus menuntut ilmu walau sampai ke ujung dunia sekalipun.

Poster ini juga sebagai bentuk sentilan bagi masyarakat agar lebih peduli dengan pendidikan.

4. Poster Stop Global Warming

Bumi semakin tua, berbagai efek buruk pun mulai dirasakan pada kehidupan manusia. Salah satu yang paling berdampak pada kehidupan di bumi adalah global warming yang telah membuat siklus perubahan iklim tidak menentu.

Contoh poster edukasi di atas menggunakan gambar bumi yang berlinang air mata, menunjukkan bagaimana kondisi bumi saat ini. Penggunaan kendaraan bermotor juga merupakan salah satu penyebab terbesar global warming.

Baca juga : chord if you know that im lonely fur

Kesimpulan

Jadi, poster pendidikan adalah media visual yang dibuat dengan memadukan gambar dan kata-kata edukasi. Biasanya dipasang di tempat umum untuk memberikan edukasi pada masyarakat luas.

Melalui poster pendidikan yang syarat akan makna tersirat dan menarik, diharapkan masyarakat akan lebih teredukasi dan menangkap pesan yang disampaikan.

Penggunaan gambar dan desain menarik juga sangat penting, seperti contoh-contoh poster pendidikan di atas yang banyak menggunakan gambar simbolik sebagai edukasi tambahan.

author0
teknologi id bookmark icon
author

DomaiNesia

DomaiNesia

Tinggalkan Komentar

0 Komentar