Canggih! MRT Jakarta Hadirkan Robot Pintar DINA untuk Patroli di Stasiun

Afiyah Khaulah . December 29, 2022

Foto Robot Pintar pada Stasiun MRT Lebak Bulus (Jakartamrt.co.id)


Teknologi.id - Pada tanggal 23 Desember 2022, PT MRT Jakarta secara resmi mengumumkan peluncuran robot DINA (digital intelligent assistant) yang akan bertugas sebagai asisten untuk memenuhi kebutuhan para pengguna jasa MRT. Robot ini akan ditempatkan di dalam area stasiun untuk melakukan patroli dan membantu menjaga keamanan di dalam stasiun MRT Lebak Bulus.

Dalam peluncurannya, Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi menyatakan bahwa robot pintar DINA akan bertugas sebagai robot surveillance. Robot DINA ini akan ditempatkan di area stasiun untuk melakukan patroli dan memantau kondisi fasilitas dan area publik, terutama saat window time (waktu setelah operasional). Selain itu, robot ini juga memiliki fitur interaksi dua arah dengan penumpang, sehingga pengguna MRT dapat bertanya dan berbicara langsung dengan petugas di stasiun melalui robot ini. Robot DINA yang baru di luncurkan diberi nama ROPI (Robot Pintar).

Baca juga : Keren! Tim IRIS ITS Berhasil Juarai RoboCup Asia Pacific 2022

Tampak Depan Robot Pintar (kompas)


Robot ROPI didominasi oleh warna putih dan memiliki bentuk persegi panjang dengan tinggi sekitar 160 sentimeter. Robot ini memiliki empat roda dan dilengkapi dengan layar serta kamera yang dapat berputar 360 derajat. Nantinya, petugas dapat berkomunikasi dengan penumpang melalui layar yang ada pada robot ROPI.

Baca juga : Ilmuwan Muslim Bernama Al-Jazari Jadi Penemu Robot Pertama

“Tadi saat uji coba, saya sudah mencoba berkomunikasi dengan salah satu penumpang. Penumpang tersebut melihat saya melalui layar di robot DINA dan saya melihat melalui layar komputer yang nantinya ada di salah satu ruangan di stasiun. Bahkan, kita bisa mengecek dan melihat apa yang dilihat oleh robot DINA ini melalui ponsel, meskipun sedang berada di rumah atau kantor,” Tutur Effendi setelah melakukan peluncuran uji coba robot pintar.

Menurut Effendi, robot DINA merupakan salah satu bentuk inovasi yang terus dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda). Inovasi robot pintar ini akan membantu tingkat manajemen untuk mengetahui kondisi di stasiun secara real time, sehingga membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Di masa depan, robot DINA akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan operasional MRT Jakarta, terutama di stasiun, baik untuk membantu pelayanan pengguna jasa maupun sebagai fungsi pengawasan keamanan.

(ak)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar