Projek Google 'Infinite Bad Guy' Libatkan 15.000 Cover

Super Intern . November 24, 2020

Foto: Engadget

Teknologi.id - Cari kata kunci 'Bad Guy' di YouTube dan kamu akan menemukan ribuan cover lagu milik penyanyi pop, Billie Eilish. Untuk merayakan lagu milik Billie yang kini telah ditonton satu miliar kali, Google telah membuat 'Infinite Bad Guy', sebuah video musik yang berlangsung selamanya atau dalam waktu yang tak terhingga.

Projek ini didukung dan dibantu oleh komunitas cover yang berkembang di sekitarnya. Setiap kamu menekan tombol putar, situs web khusus akan memuat salah satu dari 15.000 sampul yang diposting di YouTube.

Baca juga: Soundcloud Kini Mulai Verifikasi Akun dari Artis-Artis Top

Kamu akan melihat beberapa video di kedua sisi dan banyak tagar di bagian bawah layar, seperti #violin, #quartet, dan #parody. Jika kamu klik tagar tersebut, video akan bertransisi tanpa menghilangkan irama atau lirik.

"Infinite Bad Guy" membantu menyampaikan berbagai interpretasi yang saat ini ada di YouTube. Beberapa cover memiliki tempo lebih lambat atau lebih cepat dari versi aslinya.

Banyak instrumen musik yang tidak digunakan dalam versi aslinya. Mungkin melodi dan lirik umumnya sama (namun beberapa lagu cover dinyanyikan dalam bahasa yang berbeda), tetapi ada banyak cara untuk mencoba meng-cover sebuah lagu.

Foto: Engadget

Perbedaan itu sebagian merupakan alasan orang mencarinya di YouTube. Jika kamu tidak melakukan apapun, "Infinite Bad Guy" akan otomatis berpindah antar tampilan. Pada akhirnya, hal itu hanya akan memulai kembali dan memutar kombinasi video baru.

Projek ini mungkin terdengar seperti daftar playlist yang banyak dipuji, tetapi Google harus menggunakan machine learning yang cerdas untuk mewujudkannya. Algoritme biasa tidak dapat menyelaraskan trek-tempo, tuts, dan instrumen yang terlalu bervariasi.

Baca juga: Charli D’Amelio, Peraih 100 Juta Followers Pertama di TikTok

Lab Google Creative harus membangun jaringan saraf yang dapat menganalisis setiap trek dan mencocokkannya dengan benar. Itu juga perlu mengidentifikasi bagian yang benar-benar unik, seperti adanya solo gitar.

Benar-benar diperlukan peralihan yang mulus untuk momen-momen ini. Kamu bisa mencobanya sendiri, cukup kunjungi billie.withyoutube.com.

Setelah merasa cukup mendengarkan berbagai cover, tekan jeda dan Google akan membuat daftar setiap cover yang baru saja kamu tonton, serta beberapa statistik dasar tentang sesi yang telah dilalui, seperti berapa kali kamu mencapai akhir dari komposisi lagu asli "Bad Guy".

(bal)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler