Tingkat kebutuhan komunikasi dan perpesanan membuat banyak aplikasi komunikasi lahir. Kebanyakan aplikasi yang digunakan adalah berupa aplikasi chatting atau instant messaging seperti WhatsApp atau Line hingga aplikasi berbasis audio visual seperti Zoom dan Discord. Hal ini didorong oleh kekayaan fiturnya dan jangkauannya yang luas. Artinya, hal ini juga menjadi media yang menguntungkan untuk bisnis dalam menjangkau calon konsumennya dan memperluas pasarnya.
Lalu, bagaimana dengan pesan elektronik alias email? Teknologi ini terkesan mulai usang dan tertinggal oleh para penerusnya yang baru saja disebutkan di atas. Namun, bisa dibilang, email masih dapat menjadi sarana komunikasi yang baik dan perpanjangan tangan bagi bisnis untuk menyampaikan pesan dan menjangkau konsumennya. Lantas, apa saja kemampuan email yang dapat berguna untuk bisnismu?
Emang E-mail Marketing Bisa Buat Apa Aja?
Jangan salah. Meski terkesan usang email masih punya daya tersendiri untuk membantu bisnis berkembang lebih jauh. Berikut ini kelebihan-kelebihan email yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnismu :
1. Membuat konten yang lebih personal
Email bisa menjadi cara bagi bisnismu untuk membuat penawaran, konten, iklan, hingga pesan yang lebih personal kepada tiap pelangganmu. Kamu harus paham bahwa pelangganmu memiliki kepribadian, perilaku, dan kebutuhan yang berbeda-beda. Dari sini, kamu dapat memanfaatkan email untuk menyesuaikan setiap pesannya kepada tiap individu pelangganmu.
2. Membangun campaign yang hemat biaya
Karena sifatnya yang sederhana, email dapat kamu jadikan alat untuk membangun campaign yang tidak menguras keuangan bisnismu. Berbeda dengan brosur, pamflet, atau spanduk yang membutuhkan beberapa hari untuk desain dan cetak, email dapat kamu buat dalam beberapa menit saja. Kamu tinggal menyesuaikan durasi, konsep, dan biaya yang kamu ingin keluarkan untuk campaign tersebut.
3. Alat untuk mengumpulkan masukan
Kamu bisa memanfaatkan email untuk mengumpulkan kritik dan masukan dari para pelangganmu. Kamu bisa memasukkan kuesioner atau survei ke setiap email dan meminta pelanggan untuk menyampaikan opini mereka terkait bisnismu. Dari sini, engagement dan interaksi dapat tumbuh secara perlahan.
4. Komunikasi dengan pelanggan
Sebagai pengelola bisnis, kamu harus tahu bagaimana berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan email. Kamu tidak boleh sekadar mengetik pesan dan memasukkan apa yang ingin kamu masukkan ke dalam pesan yang kamu kirim. Kamu perlu tahu apa yang ingin kamu sampaikan ke setiap pelanggan atau audiensmu dan mengemasnya dengan atraktif dan interaktif.
Email Marketing ala Uber!
Untuk mempelajari bagaimana email marketing dapat menjadi efektif untuk bisnismu, kita perlu melihat ke salah satu perusahaan ride-hailing terpopuler di dunia, yakni Uber.
Sederhana dan to the point - itulah deskripsi terbaik yang bisa menggambarkan email marketing yang dilakukan Uber di gambar di atas. Headline dari pesan yang disampaikan sangat jelas dan mudah dipahami, didukung dengan kalimat deskripsi yang lebih spesifik. Hal ini dikombinasikan dengan tone yang khas dari brand Uber sendiri.
Email di atas jadi begitu efektif karena sifatnya yang langsung ke inti pesan dan memudahkan bagi audiens yang sibuk dan membutuhkan informasi yang singkat dan jelas. Dalam email tersebut, pengguna juga bisa langsung menekan tombol call to action untuk bisa menerima penawaran yang diberikan Uber. Cepat dan mudah, bukan?
Rekomendasi Aplikasi untuk Email Marketing
Aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendorong kekuatan email marketing kamu agar lebih maksimal adalah Mailchimp. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai salah satu yang terpopuler dan terbaik di bidangnya. Dua alasan untuk menggunakan Mailchimp : Sederhana dan kaya fitur. Mailchimp tergolong ramah bagi bisnis-bisnis yang belum memahami email marketing namun ingin mencobanya sebagai metode pemasaran mereka. Selain itu, Mailchimp juga menyediakan beragam fitur yang dapat memudahkan kamu untuk membuat campaign pemasaran, entah itu dalam bentuk landing page, CRM, hingga digital ads dan situs sendiri.
Selain itu, Mailchimp juga menyediakan beragam fitur bagi kamu untuk bisa merancang desain dan format campaign yang kamu buat dengan beragam alat kreatif lainnya. Tidak lupa, Mailchimp juga memiliki fitur analytics tersendiri untuk membantu kamu melihat perkembangan dan hasil dari campaign yang kamu sebarluaskan dan fitur management untuk memudahkanmu mengelola segmentasi dan target pasar yang kamu tuju.
Email marketing adalah soal pengemasan dan penyampaian. Metode ini hanya akan berguna jika kamu bisa mengemasnya dengan efektif dan atraktif, layaknya apa yang dilakukan oleh Uber di atas. Jadi, sudah mulai tertarik dengan email marketing?
Tinggalkan Komentar