Teknologi.id - Saat ini, orang-orang sudah dapat dengan mudah dalam membeli barang secara daring online tanpa perlu repot keluar rumah. Aplikasi TikTok yang saat ini populer dan dikenal sebagi media sosial, telah melakukan transformasi menjadi seperti e-commerce, dimana pengguna dapat merasakan pengalaman baru dalam melakukan belanja melalui fitur TikTok Shop.
Pengguna juga tentu akan merasakan pengalaman yang berbeda dalam berbelanja dibandingkan dengan aplikasi belanja lainnya. Kehadiran TikTok Shop ini memasukan perpaduan antara hiburan dan bisnis. Bahkan, karena kepopulerannya mungkin saat ini sebagian besar masyarakat di Indonesia pernah melakukan transaksi barang yang ditawarkan di Tiktok Shop.
Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi
Apa Itu Tiktok Shop?
Seperti yang dikutip dari Hootsuit, TikTok Shop merupakan fitur belanja yang dapat diakses langsung melalui aplikasi TikTok. Fitur ini memungkinkan penjual, brand, maupun kreator untuk langsung memajang dan menjual produk di TikTok. Produk tersebut dapat dijual melalui In-Feed Video, siaran langssung (live streaming), dan tab showcase produk.
TikTok Shop ini tentu saja menarik banyak minat para pengguna karena memanfaatkan fitur siaran langsung (live streaming) yang saat ini sedang populer, namun dikemas untuk fitur berbelanja. Selain itu, ada juga fitur lain yang bisa pengguna gunakan seperti melihat barang yang dijual, memeriksa pesanan, riwayat pembelian, memasukan alamat pengiriman, hingga proses pembayaran dalam satu tab yang sama.
Terutama saat siaran langsung (live streaming), pembeli dan penjual bisa melakukan komunikasi dua arah sebelum benar-benar membeli barang dan pembeli bisa melihat secara langsung produk saat siaran langsung. Aktivitas ini pun menjadi sarana yang memudahkan dan praktis dalam pengalaman berbelanja karena bisa diakses di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.
Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Tiktok yang Mudah Dilakukan Pemula
TikTok Aplikasi yang Banyak Digunakan untuk Berbelanja
Seperti yang dilansir dari Katadata yang di publish pada 06 Juli 2022, bahwa laporan survei Jajak Pendapat (JakPat) mengungkapkan 83,7% masyarakat Indonesia pernah merasakan pengalaman berbelanja online melalui live shopping. Seperti yang tercatat, jumlah pengguna live shopping di TikTok menempati urutan kedua dengan persentase 42,2%.
Survey Jajak Pendapat (JakPat) Platform Belanja Online Siaran Langsung Paling Banyak Digunakan (2022). Foto: Katadata
Selain itu, Jajak Pendapat (Jakpat) juga merilis laporan rutin "E-commerce Trends Indonesia" Semester II Tahun 2022. Survei yang dilakukan ini berbicara mengenai kebiasaan dan pengalaman berbelanja melalui platform e-commerce. Aska Primardi, Head of Research Jakpat juga menyampaikan dalam laporan ini menyajikan pengalaman pengguna berbelanja di platform marketplace ternama seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Adapun potensi masuknya TikTok Shop ke dalam dunia e-commerce di Indonesia dalam laporan ini.
Baca Juga: Cara Menggunakan TikTok di PC, Lebih Lebar Lebih Nyaman!
TikTok Shop Bisa Menjadi Peluang Bisnis
Di sisi lain, TikTok Shop ini dapat dianggap sebagai salah satu platform paling efektif dalam melakukan bisnis. Aplikasi ini juga memberikan keunggulan dalam menyampaikan informasi karena konten video pendeknya, memungkinkan pengguna dapat menerimanya dengan ringkas dan cepat.
Hal ini tentu membuat TikTok menjadi sangat cocok untuk memamerkan produk bisnis dengan cara yang baru dan menarik. Selain itu, TikTok sendiri memiliki audiens dengan jumlah yang besar lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, tentunya dengan memanfaatkan TikTok, kita bisa menjangkau masyarakat luas dengan lebih mudah dan algoritma TikTok yang melibatkan engagement, berpotensi konten yang diunggah akan lebih terekspos kepada calon pelanggan baru yang mungkin penasaran dan meningkatkan peluang agar produk diketahui.
Selain itu, TikTok Shop juga memudahkan pengguna dalam memproses checkout barangnya, sehingga membuatnya menjadi lebih cepat dan efisien, yang meminimalisir potensi pengguna meninggalka keranjang belanjanya. Seiring dengan kepopuleran aplikasi TikTok, platform ini bisa menjadi potensi yang tinggi untuk melakukan bisnis.
Event yang Akan Hadir di TikTok Shop saat Bulan Ramdahan
TikTok menghadirkan serangkaian program dengan beragam produk dan promo menarik di Bulan Ramadhan ini dengan bertujuan untuk membantu para penggunanya dalam menemukan produk yang tepat untuk kebutuhan persiapan puasa serta Hari Raya.
Program ini akan hadir dengan nama Ramadan PASti Berkah (20 Maret-5 April), THR PASti Melimpah (6-11 April), dan Lebaran PASti Meriah (12-14 April), pengguna akan disuguhi dengan beberapa livestream interaktif dan katalog produk pada Shopping Center, serta flash sale, promo discount, dan juga permainan menarik lainnya yang menawarkan hadiah utama berupa perjalanan umrah.
(raa)
Tinggalkan Komentar