Teknologi.id - Saat sedang berekendara, kita sering melihat logo restoran cepat saji seperti Wendy's, McD, KFC, dan Pizza Hut. Di samping mereka adalah sama-sama penyedia makanan cepat saji, mereka terlihat memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut yaitu, logonya hampir selalu menggunakan corak warna merah. Lalu kenapa kebanyakan logo fast food berwarna merah? Apakah ada alasan dibalik semua itu?
Warna menjadi salah satu dari teknik yang digunakan oleh perusahaan untuk lebih terhubung dengan para konsumennya. Namun dibandingkan dengan makanannya sendiri, kita pasti akan lebih mudah mengingat bagaimana bentuk logo dan apa warna yang digunakan. Dan 'merah' telah menjadi warna teratas yang sangat sulit untuk menolaknya.
Rata-rata manusia dapat melihat lebih dari 10 juta warna yang berbeda-beda, namun 'merah' sangatlah spesial. Ternyata warna yang mencolok ini adalah warna pertama yang ditemukan oleh para leluhur kuno kita. Selain warna hitam, putih, dan abu. Para leluhur kita pertama kali melihat warna mencolok, yaitu 'merah' yang mereka lihat dari api dan darah.
Baca juga: Langit Berwarna Jingga Ketika Sore Hari, Kenapa?
Sehingga bagi manusia, 'merah' memiliki keterkaitan yang lebih dibandingkan dengan warna lainnya yang ada pada spektrum warna. Karena itulah kita akan bereaksi lebih jika dibandingkan ketika melihat warna lainnya. Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan makanan cepat saji untuk mendapatkan keuntungan.
Logo Fast Food Berwarna Merah Dapat Membangkitkan Selera
Para peneliti menemukan fakta bahwa, warna 'merah' dapat memberikan rasa kepada manusia bahwa yang dilihatnya itu adalah suatu hal yang penting. Warna ini juga memiliki efek sugestif yang membangkitkan selera kita. Sehingga saat dua hal tersebut digabungkan, maka kita akan punya resep yang sempurna untuk menarik pelanggan yang lapar. Jadi, logo fast food berwarna merah ini bukanlah hanya sebagai tanda selamat datang.
Faktanya 'merah' adalah salah satu dari banyak warna yang dipandang positif oleh berbagai kultur di dunia. Maka tidaklah mengherankan jika banyak sekali perusahaan yang menggunakan warna seduktif ini. Lagipula, kita sebagai manusia adalah makhluk yang sangat erat kaitannya dengan visual.
Baca juga: Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Menelan Permen Karet
Meskipun memiliki 5 indra, 80% informasi yang otak kita proses berasal dari penglihatan mata kita. Dan menurut laman
WebPageFX, alasan 85% orang di dunia memilih satu produk dibandingkan produk lain adalah warnanya. Selain warnanya, 80% lainnya memilih produk dengan alasan memiliki logo yang mudah diingat dan tidak terlupakan.
Coba pikirkan, apa jadinya jika McD tidak berwarna merah mungkin biru, hijau, atau bahkan pink? Rasanya tidak sama bukan? Bagaimana menurutmu, apa para restoran cepat saji itu perlu berhenti menggunakan warna merah?
(FM)
Tinggalkan Komentar