Xiaomi akan Buat Fintech di Indonesia, Ini Namanya

Fabian Pratama Kusumah . July 14, 2021

Foto: Xiaomi Today

Teknologi.id – Produsen smartphone asal China, Xiaomi diketahui sudah terjun ke bisnis teknologi keuangan (financial technology/fintech) di sejumlah negara.

Kini, mereka siap meramaikan pasar fintech di Indonesia dengan mengusung nama Airstar.

Berdasarkan data dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, seperti dikutip VIVA Tekno, Selasa, 13 Juli 2021, disebutkan bahwa Xiaomi mengajukan permohonan merek Airstar dengan nomor IPT2020000198 tertanggal 03 Januari 2020.

Lalu, dua minggu kemudian atau tepatnya 17 Januari 2020, merek tersebut diumumkan melalui nomor BRM2005A.

Jika benar demikian, maka Airstar akan menjadi ekosistem layanan pembayaran digital Xiaomi di Tanah Air.

Informasi saja, Airstar lahir di Hong Kong pada Juli 2018. Saat itu, Xiaomi baru saja melantai di bursa efek negara bekas jajahan Inggris tersebut.

Baca juga: Digitalisasi Bank Aladin (BANK), Begini Kondisi Sahamnya

Airstar dimiliki oleh Airstar Digital Technology dan merupakan entitas perusahaan patungan antara Xiaomi Corporation dan AMTD Group.

Bank digital ini dianugerahi lisensi perbankan virtual oleh Otoritas Moneter Hong Kong pada 9 Mei 2019 dan secara resmi diluncurkan secara online bersama situs resminya pada 31 Maret 2020.

“Ini adalah tonggak sejarah baru dalam ekosistem bisnis keuangan Xiaomi," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Xiaomi, Lei Jun.

Dengan mengusung slogan 'Inovasi Keuangan untuk Semua', Xiaomi telah menciptakan bank digitalnya sendiri.

Tidak seperti rival-rivalnya, Airstar Bank akan menjadi institusi yang sepenuhnya virtual yang memungkinkan mereka mengelola akun, deposito, pinjaman, dan semua jenis pergerakan bank tanpa harus meninggalkan rumah.

Setelah program percontohan pertama di mana layanan akan ditawarkan kepada sekitar 2.000 pelanggan di Hong Kong, Airstar Bank siap melebarkan sayap bisnisnya ke pasar Asia Pasifik, termasuk Asia Tenggara.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler