Virtual Reality Dapat Membantu Anda Untuk Mengatasi Depresi

Foto: mnn.com

Berkembangnya tren Teknologi Virtual Reality saat ini diikuti pula mewabahnya penelitian tentang apa saja manfaat dari teknologi yang satu ini. Yang cukup mengejutkan, ternyata VR juga tak hanya membuat penggunanya senang tapi juga dapat memunculkan rasa tenang.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University College London (UCL) dan catatan dari Institution for Research and Advenced Studies (ICREA), VR dinilai dapat meredakan depresi yang dialami seseorang. Penelitian dilakukan terhadap 15 pasien dari rentang usia 23 hingga 61 tahun dan hasilnya menunjukan bahwa 60 persen dari jumlah pasien tersebut merasakan VR efektif dalam meredakan depresi.

Mengutip dari EurekAlert.org, Virtual Reality Therapy (VRT) yang diterapkan tim peneliti dengan menguyuhkan visualilasi tubuh pasien dalam sebuah kaca. Kemudian, mereka diminta untuk menghibur seorang anak virtual yang sedang bersedih dihadapanya. Semakin baik interaksi yang dilakukan dengan anak tersebut, maka tangisanya pun akan berkurang dan responya juga semakin positif.

Skenario terapi ini dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan waktu penggunaan selama 8 menit. Hasil akhirnya, sembilan dari lima belas pasien mengaku stresnya telah berkurang. Namun hasil penelitian ini belum 100% dipercayai dikarenakan kontrol terhadap pasien dan skala percobaannya masih kecil sehingga masih diragukan.

Sumber : Dirangkum dari jakvr.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *