Tips Sebelum Membeli Rumah di Pesisir Pantai

Artha Soeratin . January 18, 2019
Tips Sebelum Membeli Rumah di Pesisir Pantai
Rumah pesisir Pantai
Teknologi.id - Tinggal di pesisir pantai memang sangat menyenangkan. Namun, kalau kita tidak mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana alam, tentunya ini akan berakibat malapetaka. Tidak hanya kita akan kehilangan rumah kita, bisa saja tempat itu menjadi wilayah yang tidak boleh ditempati. Menempati rumah di pesisir pantai sangat membahayakan. Terkecuali untuk nelayan yang sudah mengenal laut, untuk kita yang belum mengenalnya harus memahami berbagai aspek. Berkembangnya teknologi membuat kita harus lebih cermat dalam memilih rumah di dekat pantai. Semakin dekat maka akan semakin tinggi resikonya. Apa yang sebenarnya harus dilakukan sebelum tinggal di pesisir pantai? Berikut tips sebelum membeli rumah di area pesisir pantai.

Baca juga: Yang Harus Disiapkan Untuk Menghadapi Gempa Bumi

Tips Sebelum Membeli Rumah di Area Pesisir Pantai.

1. Pastikan Lautan di Pesisir Pantai Memiliki Jaringan Pelampung Tsunami

Tips Sebelum Membeli Rumah di Pesisir Pantai
Pelampung Tsunami
Untuk lebih aman tinggal di pantai, kamu harus memastikan kalau di lautan sekitarnya harus ada pelampung tsunami. Tidak hanya ada, namun pelampung itu juga harus tersambung ke BMKG. Untuk keamanan lebih, direkomendasikan kalau kita mempunyai teknologi berupa program pembaca arus laut. Lebih bagus lagi kalau itu diinstalasi di rumah kita dan sinkronisasi dengan alarm. Sehingga jika ada tsunami akan datang, kita bisa langsung mempersiapkan diri untuk melarikan diri. Batas waktunya bisa kurang dari lima menit, tergantung lokasi epicenter gempa dan anomali laut. Mungkin agak berlebihan akan tetapi lebih baik aman daripada tidak sama sekali.

Baca juga: 2 Teknologi Deteksi Tsunami yang Dibutuhkan di Indonesia, Apa Bedanya?

2. Carilah Lokasi yang Dekat dengan Zona Aman

Mereka yang tidak siap untuk evakuasi justru akan mendapat kerugian besar. Tidak hanya kehilangan harta benda, tapi bisa saja kehilangan anggota keluarga. Sebaiknya carilah rumah pesisir pantai yang dekat dengan zona aman. Dengan adanya teknologi saat ini, kalian bisa memanfaatkannya untuk menandai setiap lokasi yang aman dari tsunami. Tempat yang memiliki Tembok Laut buatan atau alami juga direkomendasikan. Karena dengan adanya tembok laut, tsunami bisa ditekan. Namun, untuk keamanan, segera evakuasi jika ada tsunami.

3. Selalu Siapkan Persediaan untuk Evakuasi

Tinggal di pesisir pantai memang tidak mudah. Kita harus selalu siap evakuasi setiap saat. Jika mempunyai kendaraan, isilah dengan perlengkapan bertahan hidup dasar. Makanan, minuman, pakaian ganti, pengisi baterai, dan lain-lain yang terkait dengan bertahan hidup.

Baca juga: Winarah Lindu, Aplikasi Pendeteksi Gempa Potensi Tsunami Buatan LIPI

4. Selalu Lakukan Perawatan

Rumah di pesisir pantai sangat rentan dibandingkan di atas tanah. Tidak hanya kemungkinan akan ambles, tapi juga bisa rusak lebih cepat karena angin laut saat malam hari. Selalu lakukan perawatan rutin karena untuk mempertahankan kualitas rumah, perawatan selalu diperlukan. Jangan hanya pikir kamu sudah punya rumah tapi enggak mau merawatnya. Justru nanti harganya bakal merosot kalau tidak dirawat. Oleh karena itu, kita harus berpikir lagi tentang tips sebelum membeli rumah di pesisir pantai. Bencana alam adalah salah satu faktor yang bisa terjadi kapan saja. (AMS)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar